20FIT .CO.ID


4 Makanan Sehat untuk Penderita Anemia

4 makanan sehat
by

Anemia adalah sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Dalam hal ini sel darah merah sendiri berfungsi untuk membantu mengangkut oksigen dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Jika kita kekurangan sel darah merah maka akan menyebabkan anemia. Anemia dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti lemah, lesu, pusing, tidak berenergi dan emosi yang tidak stabil. Anemia bisa di alami kapan saja dan dapat menganggu aktifitas. Berikut ini adalah beberapa 4 makanan sehat yang sangat baik untuk anemia.

4 Makanan Sehat untuk Penderita Anemia :

1. Bayam

Bayam memang menjadi salah satu sayuran yang paling sering dijadikan pilihan ketika terkena anemia. Bayam memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk melawan anemia seperti vitamin A, vitamin B9, vitamin C, vitamin E dan kalsium. Selain itu bayam juga mengandung serat, beta karoten dan zat besi. Bayam juga bisa mencukupi kebutuhan zat besi yang penting untuk melawan kekurangan sel darah merah. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari bayam adalah dengan merebusnya sebentar.Disarankan untuk makan sayur bayam dua kali sehari jika serangan anemia sedang sangat berat.

2. Tomat

Tomat mengandung zat besi dan juga vitamin C. Vitamin C diperlukan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan lain. Biarpun zat besi yang terkandung dalam tomat tidak terlalu banyak tetapi anti oksidan yang terkandung berlimpah dan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu tomat juga mengandung kalium, fungsinya adalah untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

3. Buah Bit

Buah ini memiliki daging berwarna merah. Buah ini mengandung zat besi di dalamnya yang dapat mengurangi gejala anemia yang muncul. Selain itu juga buah bit dapat mengurangi risiko palpitas (detak dan irama jantung yang tidak normal). Terdapat beberapa vitamin lain yang terkandung di dalamnya yaitu ada vitamin C, asam folat, kalium, dan B6. Selain untuk anemia buah ini juga baik untuk penderita darah tinggi. Kalian bisa mengkonsumsi buah ini dengan dibuat jus.

4. Kurma

Kurma mengandung mineral yang tinggi. Selain itu juga kurma mengandung segudang mineral seperti kalsium, sulfur, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, dan copper. Kurma juga mampu memberikan energi. Beberapa mineral bahkan dapat menjaga kepadatan tulang. Buah ini juga baik untuk dikonsumsi untuk mencegah anemia.

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *