20FIT .CO.ID


4 Kesalahan ‘Kecil’ yang Malah Bikin Gemuk

4 Kesalahan 'Kecil' yang Malah Bikin Gemuk
by

Jika Anda ingin menjalankan program diet menurunkan berat badan, maka perlunya perhitungan detail. Salah sedikit saja, bukan bentuk ideal yang didapat tetapi berat badan yang terus menambah alias badan gemuk yang Anda dapatkan.

Berikut kesalahan-kesalahan saat program diet yang menyebabkan berat badan bertambah.

1. Terlalu khawatir dengan berat badan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah selalu menimbang berat badan setiap hari. Menurut Asif Shaikh, pelatih kebugaraan di Mumbai, India, memeriksa berat badan setiap hari tidak akan menunjukkan perbedaan yang signifikan.

“Mereka yang memeriksa berat badan setiap hari mungkin merasa tidak ada perbedaan pada tubuhnya. Akibatnya, mereka akan kehilangan motivasi dan menyebabkan berhenti melakukan diet,” lanjutnya.

Saikh menyarankan untuk menjauhkan diri dari timbangan setidaknya satu bulan ketika Anda memulai diet penurunan berat badan. Kehilangan setengah kilo atau satu kilo berat badan, itu biasanya karea berat air di tubuh dan tidak harus diperhitungkan.

2. Melakukan diet penurunan bobot yang ketat

Ada beberapa diet ketat yang menunjukkan hasil cukup signifikan dalam penurunan berat badan. Hanya dalam waktu dua minggu berat badan sudah menyusut. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari bahwa dengan melakukan diet ketat malah membuat tubuh kehilangan nutrisi. Selain itu juga membuat tubuh terbiasa dengan asupan kalori yang rendah. Akibatnya, tubuh akan terlatih untuk memperlambat proses metabolisme, sehingga jika Anda mengembalikan pola makan seperti sebelumnya berat badan akan memingkat. Ini disebabkan metabolisme yang lambat, sehingga pembakaran kalori dalam tubuh juga akan menjadi lambat.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan mulailah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat sepanjang hari dengan interval tiga jam. Cara ini akan meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih cepat.

3. Berhenti melakukan pengaturan pola makan

Kadang seseorang merasa lelah dengan pengaturan pola makan untuk penurunan berat badannya. Karenanya ketika ada godaan, program diet pun terhenti. Kemudian muncullah aneka janji pada diri sendiri ataupun resolusi tahun baru: menjalani diet penurunan berat badan.

Tapi ingat ya, begitu ada mengendurkan niat, semua bakal berantakan. Cara terbaik adalah jangan pernah melepaskan program diet Anda. Makan adalah soal kebiasaan, jadi jangan pernah meninggalkan kebiasaan baik.

4. Jauhkan snack yang tidak sehat

Kerap disangka makan berat adalah sumber penambahan berat badan seseorang. Karena itu mengganti makan berat dengan cemilan yang dikonsumsi sepanjang waktu dianggap tidak masalah. Padahal meski ringan seperti keripik kentang dan biskuit, makanan ringan bisa menambah bobot lho. Apalagi jika snack-nya tinggi kalori.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *