20FIT .CO.ID


4 Bakteri Makanan Ini Menyebabkan Penyakit Berbahaya

4 bakteri
by

Apakah kalian tahu mengapa setiap makanan mentah harus dimasak terlebih dahulu? Makanan mentah mempunyai banyak bakteri yang tidak kamu ketahui dan hal ini dapat menyebabkan kamu akan terkena sakit perut jika tidak diolah terlebih dahulu. Bahkan makanan punya potensi membawa bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit berbahaya untuk tubuh. Berikut adalah 4 bakteri yang berada di dalam makanan yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya

4 Bakteri Makanan Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Berbahaya :

1. E.coli

Bakteri dengan nama Escherichia coli hidup di usus manusia dan hewan seperti sapi, domba, dan kambing. Bakteri ini dapat ditemukan pada daging sapi yang masih mentah ataupun setengah matang. Selain itu juga bakteri ini berada pada jus dan air yang sudah terkontaminasi. Jika kita terinfeksi bakteri ini gejala yang ditimbulkan adalah diare, sakit perut, dan muntah yang berlangsung selama 5 hingga 10 hari.

2. Bakteri Campylobacter

Bakteri Campylobacter jejuni adalah bakteri yang memilki bentuk spiral. Bakteri ini berada dalam ayam dan sapi. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi dengan gejala umum diare, keram, sakit perut, dan demam selama 2-5 hari setelah terpapar. Diare bisa berdarah dan disertai mual dan muntah. Walaupun infeksi yang dialami tidak terlalu berat namun infeksi pada anak-anak yang masih kecil, orang tua, dan individu yang mengalami imunosupresi (penurunan reaksi pembentukan antibodi akibat kerusakan organ limfoid), bisa berakibat fatal

3. Listeria

Bakteri Listeria monocytogenes biasanya ditemukan di tanah atau di air. Tetapi bukan hanya pada kedua tempat tersebut tetapi juga di makanan mentah, makanan olahan, dan susu yang tidak dipasteurisasi. Listeria dapat tumbuh dan menyebar, bahkan dalam suhu dingin.

Jika terinfeksi maka penderita akan mengalami gejala termasuk demam, menggigil, sakit kepala, sakit perut, dan muntah. Beberapa orang seperti ibu hamil, janin, dan orang di atas 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi yang berakibat fatal.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan menggosok lebih dahulu makanan seperti melon dan timun dengan sikat bersih dan menjaga kulkas tetap kering, terutama jika basah karena jus dan daging mentah. Makanan pabrik juga harus disimpan tidak lebih dari dua minggu. Daging iris juga tidak boleh lebih dari 3-5 hari di kulkas.

4. Vibrio

Bakteri Vibrio Parahaemolyticus hidup di air asin sehingga bakteri ini sering ditemukan dalam makanan laut yang masih mentah. Gejala yang ditimbulkan seperti diare disertai dengan keram perut, mual, muntah, demam, dan menggigil dalam 24 jam.

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *