20FIT .CO.ID


4 Bahaya Main Hp Sambil Tiduran Untuk Kesehatan

4 bahaya main hp
by

Di zaman yang serba maju teknologi sudah menjadi sebuah bagian kehidupan yang dituntut serba cepat. Salah satunya adalah handphone, mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang modern zaman sekarang tidak bisa terlepas dan tidak bisa hidup tanpa handphone. Apakah kalian salah satunya? Namun yang menjadi masalah adalah bahwa banyak orang memiliki kebiasaan bermain HP sambil dalam posisi tiduran dan sebenarnya hal ini tidaklah baik. Yuk, ketahui 4 bahaya main hp ketika tiduran untuk kesehatan.

4 Bahaya Main Hp Sambil Tiduran Untuk Kesehatan :

1. Mata Lelah

Kesehatan mata merupakan hal yang penting karena mata merupakan salah satu organ vital yang fungsi nya tidak perlu disebutkan. Bermain gadget, terutama HP sambil tiduran bukanlah hal yang baik bagi mata. Jika terbiasa dengan kegiatan seperti itu, maka jangan heran kalau sampai mata Anda terasa begitu cepat lelah karena sering tiduran dan terlalu lama bermain HP.

2.Insomnia

Waktu yang paling tepat untuk bermain hp adalah ketika malam hari dan sudah waktunya tidur. Ketika malam hari  adalah waktu yang tepat untuk rileks setelah seharian beraktivitas dan bermain HP dalam posisi tiduran bertujuan untuk lebih rileks adalah hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Hanya saja, kebiasaan ini malah bisa menimbulkan insomnia karena mata dibiarkan terlalu lama aktif.

3. Stress

Ketika bermain handphone terus menerus terkadang kita akan merasa stress. Stress yang ditimbulkan bukanlah stres yang terlalu parah, namun sadar atau tidak, ponsel yang selalu kalian gunakan dan bahkan dimainkan ketika tiduran dapat menciptakan suatu rasa atau gangguan stres posttraumatic. Stres dalam hal ini adalah adanya rasa tegang dan selalu dalam keadaan berjaga-jaga, walau setelah menaruh HP.

Perasaan tegang serta berjaga-jaga akan terus-menerus terjadi. Hal yang dimaksud adalah di mana suatu kondisi waspada terhadap adanya pesan, notifikasi atau panggilan telepon masuk. Bila kondisi ini terus berlanjut, maka tubuh akan otomatis tercegah dari keadaan rileks total. Padahal ketika malam hari tubuh mengharapkan tubuh yang rileks

4. Mata Kering

Salah satu masalah yang dapat timbul ketika terus menerus menggunakan handphone sambil berbaring  adalah mata yang kering karena digunakan terus-menerus. Agar efek samping main HP  tidak terjadi pada kalian, mulailah untuk mengubah kebiasaan dan mulai mengurangi penggunaanya perlahan.

 

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *