20FIT .CO.ID


3 Waktu Makan Yang Paling Ideal Untuk Kesehatan

3 waktu makan yang paling ideal
by

Banyak yang tidak memperdulikan waktu makan karena alasan tertentu. Berbagai alasan pun muncul, entah karena kesibukan bekerja, ataupun jadwal yang padat. Padahal ketika kita tidak dapat mengatur jadwal makanan dengan baik itu tidak baik untuk tubuh. Hal ini dapat membuat kita mempunyai gaya hidup tidak sehat. Terkadang memang orang terbiasa dan sengaja menunda waktu makan walau perut telah mengeluarkan sinyal lapar dengan alasan tanggung karena sedang bekerja dan pekerjaan belum selesai. Oleh karena itu ketahui 3 waktu makan yang paling ideal untuk kesehatan kamu.

3 Waktu Makan yang Paling Ideal untuk Kesehatan :

1.Makan Pagi

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting, karena sarapan merupakan sumber tenaga utama untuk menjalani kegiatan hari-hari. Berikut adalah cara makan pagi yang baik bagi kesehatan tubuh :

  • Sarapanlah setengah jam sesudah bangun tidur
  • Jam 7 pagi adalah waktu paling ideal untuk makan pagi
  • Jam 10 pagi adalah waktu paling lambat untuk menikmati makan pagi
  • Menu sarapan pagi sebisa mungkin perbanyak makanan yang berprotein tinggi
  • Menu sarapan pagi yang perlu dihindari untuk dikonsumsi berlebihan adalah makanan berkarbohidrat, seperti nasi putih atau roti

2.Makan Siang

Apakah kamu mengetahui waktu makan siang memiliki waktu ideal tertentu? Berikut ini adalah aturan waktu makan yang paling benar bagi Anda untuk menikmati makan siang.

  • Jam 12.45 adalah waktu makan siang yang dianggap paling ideal.
  • Beri  jeda waktu 4 jam yang antara makan pagi dan makan siang, sehinnga ketika kalian memilih makan pagi terlambat yakni pada jam 10, paling lambat untuk makan siang adalah jam 2 siang.
  • Hindarilah menunda makan siang terlalu berlebihan, yakni makan siang di sore hari, yakni jam 4 lebih.
  • Menu makan siang sehat yang sebaiknya Anda santap adalah menu-menu bernutrisi, seperti roti, tumis jamur, biji-bijian, atau daging ayam untuk menjaga dan meningkatkan energi tubuh.

3. Makan Malam

Kebanyakan orang suka menghindari makan malam, karena mereka percaya bahwa makan malam menaikkan berat badan. Namun, ada pula sebagian orang yang lebih suka makan malam justru sebelum tidur, padahal makan malam sebelum tidur sangatlah berbahaya. Lalu, waktu makan malam seperti apa yang paling benar dan ideal?

  • Sebelum jam 7 malam adalah waktu makan malam paling ideal.
  • Kalaupun kalian sarapan jam 10 pagi, lalu memberi jeda 4 jam untuk makan siang sehingga makan siang menjadi jam 2 siang, artinya makan malam Anda bisa dilakukan jam 6 sore atau setengah 7 petang.
  • Berikan 3 jam untuk selisih antara makan malam dan jam tidur Anda. Hal ini agar proses pencernaan makanan berjalan dengan baik.
  • Tidak dianjurkan untuk menunda makan malam sampai lebih dari jam 10 malam karena berbahaya dan harus dihindari
  • Kualitas tidur dapat terganggu apabila waktu makan malam sangat dekat dengan jam tidur.

 

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *