20FIT .CO.ID


12 Gerakan Stretching Mudah yang Bisa Kamu Lakukan Tanpa Berdiri

12 Gerakan Stretching Mudah yang Bisa Kamu Lakukan Tanpa Berdiri
by

Sebagian besar dari kita akan menghabiskan waktu kuliah dan waktu kerja dengan duduk di atas kursi. Duduk memang posisi yang nyaman, tapi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama justru bisa membahayakan kesehatan Anda.  Saat duduk, otot-otot tubuh kita menjadi pasif. Jika terlalu lama ini bisa menghambat sinyal-sinyal biologis dari tubuh ke otak. Akibatnya, tubuh kita jadi lebih rentan terhadap stroke, serangan jantung, juga diabetes. Tubuh Anda butuh perenggangan agar tidak pasif, melakukan gerakan stretching sangat di anjurkan untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu dibalik komputer

Tubuh memang tidak bisa dibiarkan pasif terus menerus. Walaupun seharian hanya duduk saja di kantor, Anda harus tetap membuat otot-otot tubuh Anda aktif. Tidak perlu dengan olahraga atau pergi ke gym saat makan siang, Anda hanya perlu melakukan 12 gerakan stretching sederhana ini di bangku Anda.

1.Regangkan Otot Siku Anda dalam Lima Langkah

  • Angkat kedua tangan ke atas.
  • Sentuhlah bahu kiri dengan tangan kanan secara perlahan melewati bagian atas dan belakang kepala.
  • Raihlah siku kanan dengan tangan kiri.
  • Tarik secara perlahan siku kanan ke arah kiri bawah, dan tahan selama 10 detik.
  • Ulangi tahapan yang sama untuk siku kiri.

2. Regangkan Otot Lengan dan Punggung Dengan Meraih Ujung Jari Kaki

  • Luruskan kedua kaki dan tangan ke arah depan.
  • Secara perlahan, tarik tangan ke arah kaki dan coba untuk menyentuh ujung jari-jari kaki.
  • Jika merasa kesulitan, doronglah badan pelan-pelan untuk membantu tangan meraih ujung jari-jari kaki.
  • Tahan selama 5 detik dan ulangi setidaknya 3 kali.

3.Tarik Tubuh Anda Ke Belakang

  • Satukan kedua tangan di belakang punggung, pastikan telapak tangannya saling bersentuhan.
  • Tarik dada ke arah luar sampai merasa seluruh otot di bahu dan punggung meregang.
  • Tahan pose ini selama 5 detik, ulangi sebanyak 3 kali.

4.Putar Kepala Anda Dengan Perlahan

  • Tundukkan kepala, lalu putarlah ke arah kanan dan kiri.
  • Jangan lakukan dengan terlalu cepat karena akan membuat leher terkilir.
  • Lakukan dengan perlahan untuk memberikan efek rileks pada otot-otot leher.

5.Berusaha Menyentuh Langit Untuk Peregangan Otot Lengan

  • Satukan kedua tangan dan kunci dengan erat.
  • Angkat kedua tangan yang sudah disatukan tersebut dan berusahalah sekuat mungkin untuk menyentuh“langit” dengan kedua telapak tangan menghadap ke arah atas.
  • Tahanlah pose ini sekitar 5 detik. Anda bisa mengulangi pose ini sebanyak 2 kali untuk merasakan otot yang lebih rileks.

6. “Pompa” Lutut Anda

  • Naikkan satu kaki ke atas paha kaki satunya. Posisikan dalam keadaan tidur.
  • Tekan lutut kaki yang dinaikkan ke arah bawah secara perlahan. Rasakan otot paha tertarik. Jika belum terasa, tekan lagi lutut lebih dalam.
  • Selagi menekan lutut, buanglah napas secara perlahan. Hembuskan saat Anda sudah merasa otot paha tertarik.
  • Ulangi pose ini pada kaki yang satunya. Akan lebih baik jika Anda bisa menahan pose ini selama 5 detik.

7.“Patah”kan Leher Anda Ke Kanan dan Kiri

  • Letakkan tangan kiri di sisi kanan kepala.
  • Dorong secara perlahan kepala ke arah bahu kiri. Tidak perlu sampai telinga menempel pada bahu, yang penting Anda sudah merasakan otot leher tertarik.
  • Ulangi gerakan ini dengan mendorong kepala secara perlahan ke arah bahu kanan.

8.Berlutut Dengan Satu Kaki

  • Bangun sejenak dari bangku kerja Anda dan berdiri dengan tegak.
  • Perlahan turunkan badan dan lakukanlah pose berlutut dengan 1 kaki.
  • Dorong sedikit badan ke arah dalam hingga hampir mencium lutut kaki yang tegak.
  • Tahan pose ini dalam 3 detik dan ulangi untuk kaki yang satunya.

9.Rilekskan Tubuh Anda Dengan Gerakan Meraih Langit

  • Lakukan pose berlutut sama seperti yang di atas.
  • Angkat tangan ke atas dan tarik setinggi mungkin sampai otot lengan terasa meregang.
  • Arahkan kepala ke atas hingga mata bisa melihat langit-langit dan dorong sedikit tangan ke arah belakang.
  • Ulangi gerakan ini untuk kaki yang satunya.

10. Otot Pergelangan Tangan Anda Juga Perlu Dibuat Rileks

  • Luruskan kedua tangan di depan tubuh.
  • Raih jari-jari tangan kiri dengan tangan kanan dan tekuk ke arah belakang dengan sangat perlahan, hingga otot di pergelangan tangan terasa tertarik.
  • Tahan selama 5 detik dan lakukan sebanyak 3 kali.
  • Lakukan gerakan yang sama untuk pergelangan tangan kanan. Tahan selama 5 detik dan lakukan pula sebanyak 3 kali.

11. Naik-Turunkan Bahu Anda Sebanyak 5 Kali

  • Duduk dengan tegak. Jangan bersandar pada kursi.
  • Angkat kedua bahu secara bersamaan, tahan selama 5 detik, lalu turunkan kembali.
  • Ulangi gerakan ini setidaknya 5 kali.

12. Regangkan Otot Kaki Anda Dengan Gerakan “High Kick”

  • Tegakkan posisi duduk.
  • Luruskan salah satu kaki ke samping secara horizontal. Tahan posisi ini selama 2 detik.
  • Perlahan naikkan kaki tersebut ke atas. Tidak perlu terlalu tinggi, yang penting Anda bisa merasakan otot kaki tertarik. Tahan posisi ini selama 5 detik.
  • Ulangi gerakan “menendang” ini untuk kaki yang satunya.

Dengan melakukan 12 gerakan di atas, tidak akan ada lagi tubuh sakit dan pegal-pegal karena seharian duduk di kantor. Anda pun bisa bekerja dengan lebih baik karena otot dan pikiran Anda menjadi lebih rileks dari sebelumnya. Selamat mencoba!

Sumber : Hipwee

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *