20FIT .CO.ID


10 Jenis Makanan ini Dapat Membuat Anda Panjang Umur

10 Jenis Makanan ini Dapat Membuat Anda Panjang Umur
by

Simak baik-baik daftar 10 jenis makanan yang wajib Anda santap dari sekarang.

Menurut U.S Census Bureau pada tahun 2050 nanti jumlah penduduk berumur panjang akan mencapai 6 kali lipat.  Waw! Lalu apa rahasia dari mereka yang bisa panjang umur dan memiliki hidup sehat? Kuncinya : makanan bergizi! Ya, makanan berkualitas baik akan memperpanjang usia Anda bukan hanya setahun atau dua tahun tapi puluhan tahun. Dan inilah 10 langkah yang bisa Anda praktekkan agar panjang umur.

1. Santap semangka

Semangka unggul dalam hal kandungan lycopene, zat pelawan kanker dan antiserangan jantung. Menurut studi USDA level lycopene pada semangka yang tidak dimasukkan dalam lemari es meningkat 20% dalam dua minggu.

2. Kukus asparagus

Menurut Mao Shing Ni. Ph.d., penulis buka secrets of longevity: Hundreds of Ways to Live to be 100, asparagus mengandung asam amino glutathione. Zat glutathione yang dapat melawan proses penuaan dengan memperbaiki kerusakan DNA dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Teguk red wine

Red wine mengandung resveratrol yang dapat memperpanjang usia dan melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Minuman beralkohol ringan akan menurunkan tingkat kematian hingga 20%. Ini hanya berlaku untuk red wine tidak berlaku untuk bir atau minuman keras.

4. Jadi vegetarian.

Sebuah studi yang melibatkan 34.000 responden menemukan bahwa usia vegetarian lebih panjang satu ingga satu setengah tahun dibanding mereka yang hanya menerapkan gaya hidup sehat biasa.

5. Pertahankan bentuk tubuh

Efek kelebihan bobot bisa memicu munculnya penyakit jantung, diabetes dan kanker. Dalam sebuah studi di Journal of the American Dietetic Association, AS, kelebihan bobot juga bisa menurunkan kekebalan tubuh, akibatnya Anda mudah terserang penyakit.

6. Makan seperti orang Okinawa

Okinawa adalah daerah di Jepang yang memiliki penduduk panjang usia paling banyak di dunia. Rahasia mereka : makan tahu dan ubi manis. Ubi manis kaya akan beta-karoten dan vitamin C, sumber DHEA, hormon yang bisa menghambat proses penuaan.

7. Ganti nasi Anda

Kulit luar beras merah kaya kandungan nutrisi yang bisa memperpanjang usia Anda. Beras merah mengandung magnesium, yang dapat mengurangi stress. Selain itu, kandungan serat penurun kolesterol pada beras merah dua kali lebih banyak daripada beras putih.

8. Pilih jamur

Jamur akan merangsang sistem kekebalan yang membentengi diri Anda dari infeksi dan tumor.

9. Kurangi jajan

Mereka yang mampu mencapai 100 tahun ternyata lebih sering makan di rumah ketimbang jajan diluar. Makanan yang disajikan di restoraan umumnya tinggi akan lemak, garam dan gula dan seringkali disajikan dalam jumlah besar.

10. Cegah diet Yo-Yo

Situasi naik turun berat badan dengan cepat akan meningkatkan resiko kanker dan membahayakan jantung Anda. Mereka yang mengalami naik-turun bobot lebih dari 5 kg sebanyak lebih dari 10 kali akan menambahkan resiko terkena kanker ginjal dibanding mereka yang bisa menjaga bobot tubuhnya tetap stabil.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *