20FIT .CO.ID


10 Alasan Anda Harus Mengonsumsi Ikan Mulai Sekarang

10 Alasan Anda Harus Mengonsumsi Ikan Mulai Sekarang
by

Hari ini kita memperingati Hari Nelayan Nasional. Hari dimana mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya, mungkin Anda juga salah satunya. Nelayan merupakan salah satu asset nasional dalam menunjang ekonomi nasional. Bukan hanya berperan penting dalam perekonomian saja tapi dalam kesehatan masyarakat. Tanpa nelayan jelas Anda pasti akan kesulitan mencari ikan dan tentu saja Anda akan jarang melihat ikan di  atas meja makan Anda.

Ikan adalah makanan yang rendah kalori, berprotein tinggi yang baik untuk otak. Semua manfaat tersebut berasal dari asam omega 3 lemak tak jenuh ganda, populer disebut sebagai omega 3, yang banyak terdapat dalam minyak ikan. Hubungan antara omega 3 dan kesehatan jantung sudah sejak lama kita tahu. Namun, beberapa penelitian baru menunjukkan cukup bukti, bahwa ikan yang tinggi asam lemak sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum. Kabar baiknya, jika Anda bukan penggemar ikan, penelitian mengatakan, makan ikan hanya dua atau tiga kali dalam satu minggu cukup untuk dapat menuai keuntungannya. Berikut Alasan Anda harus mengonsumsi ikan mulai dari sekarang.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Berbagai penelitian sudah memastikan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang di lakukan di Denmark terhadap 49 ribu perempuan menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi sedikit sampai tidak makan ikan sama sekali memiliki risiko masalah jantung sampai 50 persen.

2. Meningkatkan perkembangan otak

Asam lemak esensial omega 3 yang ditemukan dalam ikan salmon dan ikan yang kaya nutrisi lain adalah nutrisi penting bagi anak-anak. Zat tersebut berkontribusi untuk perkembangan otak seperti menambah daya ingat, mencerdaskan, mencegah kepikunan, mengurangi depresi dan mengurangi resiko penyakit seperti Alzheimer.

Peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi ikan panggang atau kukus, tetapi tidak digoreng, memiliki otak lebih besar dan sel-sel yang yang lebih besar di daerah otak yang bertanggung jawab untuk mengingat dan belajar. Ilmuwan percaya, volume otak yang lebih besar mengecilkan risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

3. Memperbaiki kesehatan mata, kulit dan rambut

Salah satu kelemahan terbesar diet rendah lemak adalah merampas lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Membuat kulit dan rambut kusam dan kering. Omega 3 pada ikan adalah jenis lemak sehat sebagai nutrisi untuk menjaga kulit Anda sehat dan rambut berkilau serta dapat mencegah inflamasi yang menjadi sebab penuaan dini.. Selain itu kandungan fosfor dan vitamin yang cukup tinggi pada ikan sangat penting untuk membantu kesehatan mata Anda, memelihara kornea dan retina serta menurunkan gejala sindrom mata kering.

4. Sperma kuat

Penelitian terbaru terhadap 188 responden menemukan, mereka yang makan ikan lebih segar, bersama makan sehat lain seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijjian, memiliki sperma kuat dibandingkan mereka yang tidak melaksanakan diet sehat.

5. Memfasilitasi program diet sehat

Jika sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi ikan merupakan pilihan yang baik untuk tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang suka mengkonsumsi biasanya akan jarang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Selain itu ikan juga dapat membantu melancarkan peredaran darah yang penting untuk mencegah terjadinya diabetes. Ancaman dari penyakit kolesterol tidak akan terjadi jika Anda rutin mengkonsumsi ikan.

6. Mengurangi resiko kanker prostat

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada 6000 orang selama kurang lebih 30 tahun ternyata menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara rutin dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Kandungan zat riboflavin dipercaya juga dapat mencegah dan menghalau berbagai jenis kanker lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

7. Mengurangi resiko stroke

Tekanan darah tinggi dan makanan tinggi lemak merupakan salah satu penyebab utama terjadinya stroke. Konsumsi daging ikan secara rutin akan membantu mengurangi tekanan darah dan sangat baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh. Dengan demikian Anda yang suka dengan makan ikan akan sedikit mengurangi risiko penyakit stroke.

8. Mencegah penyakit gondok

Kandungan ikan laut yang cukup tinggi adalah yodium. Manfaat yodium sendiri baik untuk mencegah penyakit gondok. Bahkan garam yang pembuatanya berasal dari penyubliman laut, dinamai dengan garam beryodium.

9. Menyehatkan gigi

Kandungan mineral lain yang berguna untuk kesehatan gigi adalah Flour. Mineral ini juga bermanfaat untuk membantu memperkuat gigi.

10. Membantu menghasilkan energi

Selain lemak dan karbohidrat, ada zat lain yang membantu menghasilkan energi. Salah satunya adalah manfaat vitamin B kompleks. Fungsi lain yang dihasilkan oleh vitamin ini adalah membantu proses metabolism karbohidrat tubuh. Kandungan tersebut ada di dalam ikan laut. Cocok untuk anda yang memiliki banyak aktivitas.

Banyak sekali manfaat jika anda mampu menkonsumsi ikan laut namun bukan berarti harus mengkonsumsi setiap hari. Karena jika terlalu banyak memakan terlalu banyak zat protein, juga akan menyebabkan alergi. Setidaknya selama satu minggu cukup 3 kali.

Bantu kesejahteraan para nelayan Indonesia dengan mongonsumsi ikan secara rutin, Selamat Hari Nelayan Nasional.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *