20FIT .CO.ID


Tahun 2016, Cobain Food Combining, Yuk!

Tahun 2016, Cobain Food Combining, Yuk!
by

Salah satu pola hidup sehat adalah dari pola makannya. Banyak orang mengira bahwa diet adalah cara hidup sehat, padahal tidak demikian. Toh buktinya banyak juga yang diet dan akhirnya jatuh sakit. Atau diet tapi berat badan tidak turun terlalu besar. Dan ini berakibat semakin ‘putus asa’-nya orang untuk berdiet karena efek laparnya terasa tapi kurusnya tidak kelihatan.

Nah, daripada tersiksa karena diet, sementara tubuh juga tidak sehat-sehat amat, kenapa tidak coba cara lain saja? Sudah kenal dengan food combining atau biasa disebut FC? Ini adalah pola makan yang disebut sebagai “diet anti lapar” tanpa harus tersiksa. Bahkan sebagian orang menganggap FC bukanlah diet karena setiap saat masih bisa makan enak, hanya saja jam-jamnya yang diatur. Tidak hanya masih bisa makan enak, bahkan tubuh pun tetap sehat dan yang lebih penting,  bisa terbebas dari beberapa penyakit berat kalau konsisten melakukannya.

food-plate-rucola-salad-largeFood combining sebenarnya adalah pola makan yang bertujuan agar mendapatkan kondisi tubuh yang homeostatistis. Kondisi tersebut ditandai dengan pH tubuh yang basa atau netral. Metabolisme dan sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi secara normal apabila kondisinya seperti ini.

Bagaimana pola makan ala food combining? Saat bangun tidur, maka yang pertama kali harus diminum bukan air putih, tetap air hangat yang diberikan jeruk nipis perasan. Fungisnya sebagai tonik untuk lever dan sekaligus menetralkan derajat asamnya. Setelah itu, baru sarapan buah. Silahkan pilih buah-buahan yang Anda sukai, bisa satu macam, bisa juga bermacam-macam. Bentuknya tidak harus dipotong, tapi bisa juga dijadikan jus dan smoothie. Dan jangan menambah minuman buah itu dengan bahan lain, misalnya jus mangga pakai susu, jus jeruk pakai coklat mesis dan sebagainya. Jus harus murni hanya dari buah saja. Mengapa harus buah? Karena pagi hari energi diprioritaskan untuk membuang sisa metabolisme di hari sebelumnya. Dengan makan buah, tubuh tidak diberatkan dengan makanan-makanan yang susah dicerna.

Untuk makan siang atau makan malam, Anda bebas memilih. Syaratnya adalah, jangan mencampurkan protein hewani dengan karbohidrat. Contohnya, nasi tidak bisa dicampur dengan ikan, sop daging, sate ayam, atau telor. Kalau mau menikmati menu-menu itu, jangan dengan nasi. Alasannya, karena kedua jenis makanan tersebut harus dicerna dalam kondisi yang berbeda. Kalau dicampurr malah bisa mengacaukan pencernaan di dalam tubuh. Jika ingin makan nasi, campurlah dengan protein nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan.

Selain kombinasi menu, food combining juga menganjurkan untuk mengunyah makanan 30 hingga 70 kali. Tentunya Anda akan “malas” menghitung berapa kali kunyah, tapi pastikan sebelum ditelan makanan tersebut sudah selembut bubur. Dan enaknya lagi, menjalani FC tidak perlu takaran dalam jumlah menunya. Mau kenyang sekalipun tidak masalah, asalkan kombinasinya tepat.

So, di tahun 2016, ada yang mau coba food combining?

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *