20FIT .CO.ID


Tips Memilih Sepatu Olahraga

Tips Memilih Sepatu Olahraga
by

Berolahraga adalah kegiatan yang menyehatkan, tidak ada yang memungkiri pernyataan ini. Apalagi di musim liburan bulan Desember seperti sekarang ini. Ada sebagian yang ingin menghabiskan dengan jalan-jalan ke tempat wisata, ada pula yang memang hanya menghabiskan waktu di rumah saja bersama keluarga. Berbagai rencana yang tidak kalah mengasyikkan pun disiapkan demi menyambut libur Natal dan Tahun Baru ini. Sebagian karyawan mulai menghabiskan sisa cuti tahunannya di hari libur panjang ini sehingga bisa bablas sampai 10 hari. Salah satu rencana kegiatannya adalah berolahraga.

Olahraga apa saja yang bisa dilakukan selama liburan? Biasanya di Indonesia, bulan Desember adalah bulan-bulan musim hujan sehingga olahraga yang cocok adalah yang tidak berkaitan dengan air, misalnya berenang. Bagaimana dengan jogging, futsal, tenis, badminton atau golf? Selama hujannya tidak turun, tidak masalah. Atau dilakukan di ruangan indoor. Olahraga tidak saja menjadi sebuah kebutuhan, tapi juga sebagai rekreasi. Apalagi kalau dilakukan bersama teman-teman menelusuri daerah-daerah lain yang tidak bisa diakses dengan kendaraan. Misalnya, jogging hingga ke pelosok-pelosok pedesaan.

Untuk bisa berolahraga dengan nyaman, selain memilih baju yang dipakai, perlengkapan lain yang harus dimiliki tentunya adalah sepatu. Jenis sepatu apa yang Anda butuhkan? Ada banyak jenis sepatu yang dijual di pasaran, mulai dari sepatu lari, sepatu basket, sepatu untuk main futsal, main sepakbola, atau untuk sepeda. Jangan sampai salah memilih sepatu karena selain bisa merusak, olahraganya menjadi tidak nyaman.

Setelah mengetahui apa yang Anda butuhkan, langkah berikutnya adalah memahami jenis kaki Anda sendiri. Pada umumnya ada tiga jenis kaki manusia, yaitu tipe normal, pronation dan supination. Untuk kaki normal, beban tubuh terletak pada telapak kaki bagian depan serta bagian tumit. Kalau kaki Anda termasuk tipe ini, pilihlah sepatu yang memiliki bantalan atau sol yang tebal di bagian belakangnya sehingga beban menjadi seimbang.

Untuk tipe pronation, letak bebannya berbeda yaitu pada keseluruhan bagian telapak kaki. Untuk mereka yang kakinya tipe seperti ini, disarankan memilih sepatu yang lentur agar pergerakannya lebih lincah. Cedera bisa lebih diminimalisir. Sedangkan kaki supination adalah tipe kaki yang agak bengkok atau dikenal dengan istilah “kaki O”. Bebannya terletak pada bagian luar telapak kaki, di mana mereka yang kakinya tipe ini akan merasakan pegal pada beberapa bagian tubuh setelah selesai berolahraga. Biasanya bagian yang pegal itu adalah punggung, bahu, lutut dan juga leher. Sepatu yang cocok untuk kaki jenis ini adalah yang memiliki bantalan di bagian tengah.

Ketiga tipe kaki di atas bisa dijadikan pertimbangan bagi Anda sebelum membeli sepatu olahraga. Pilihlah yang sesuai kebutuhan dan jenis kaki. Kesalahan dalam memakai sepatu akan berpotensi menimbulkan cedera.

Selamat berolahraga!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *