20FIT .CO.ID


The “No-Workout” Workout

The "No-Workout" Workout
by

Selipkan gerakan olahraga ke dalam berbagai aktivitas sehari-hari berikut agar tetap fit, meski “tak punya waktu” sekali-pun.

Belanja

Baik jika Anda belanja bulanan di supermarket atau keliling mal seharian, belanja berarti Anda banyak berjalan kaki, dan aktivitas yang satu ini mampu membakar kalori sebanyak 120 – 150 kalori per 30 menit.
Bonus : Saat antri di kasir, lakukan beberapa gerakan calf raise (mengangkat-angkat tumit kaki).

Membersihkan rumah

Membersihkan lantai bisa membakar hingga 150 kalori per jam. Setelahnyaa, angkat keranjang berisi laundry, sambil sesekali memutar torso kekiri dan ke kanan untuk sesi oblique wokout.
Bonus : Sambil menunggu tahap spin di mesin cuci, lakukan gerakan tuck jump (Melompat hingga unung kaki menyentuh bokong)

Memasak

Memotong sayuran atau mencuci panci memang hanya membakar kalori 75 kalori, tapi dengan mengencangkan otot-otot bokong sembari memasak, maka bagian tubuh belakangpun dapat workout.
Bonus : Buktikan berapa banya lunge yang bisa Anda lakukan sebelum hidangan matang.

Perjalanan ke kantor

Berjalan menuju stasiun bis ataukereta saat pergi dan pulang kantor tentu sudah merupakan a pretty great workout. Tambahkan kuota gerakan olahraga Anda dengan berjalan di sepanjang trotoar untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.
Bonus : Saat akan menyeberang jalan dan menunggu lampu merah, selipkan gerakan streching yang fokus pada bahu.

Nonton TV

Yup, bahkan kegiatan menonton tv pun bisa diselipkan gerakan olahraga yang fun. Pilih serial TV favorit Anda, semisal The Big Bang Theory atau Game of Thrones dan membuat peraturan permainan. Setiap kali Sheldon Cooper berseru, “Bazinga!”, lakukan 25 squat. Atau setiap kali ada tokoh yang mati di Game of Thrones, lakukan 5 burpee.
Bonus : Saat iklan tayang, lakukan berbagai gerakan lunge, push up atau bahkan squat.

Latihan di meja kerja

Manfaatkan jam kerja 9 to 5 Anda dengan melakukan muscle toning di meja kerja. Misalkan, fokus pada otot lengan dengan duduk tegak dan menempelkan kedua tangan di depan dada, kemudia dorong sekuat tenaga. Tahan 20 detik.
Bonus : Sambil duduk, lakukan “the fab abs squeeze”. Ambil nafas dalam-dalam dan kencangkan otot perut, tahan selama 5 – 10 detik. ulangi sebanyak 12 – 15 kali.

Anggita Dwinda – Her World Magazine

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *