20FIT .CO.ID


Kiat Fitness di Bulan Puasa

olahraga-saat-puasa
by

Mungkin kemampuan tubuh Anda tidak sekuat biasanya ketika sedang berpuasa. Namun, hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga sama sekali saat menjalani ibadah puasa. Anda tetap bisa, kok, berolahraga. Justru aktivitas fisik saat berpuasa dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi, mencegah tubuh tidak mudah letih, merangsang agar otot-otot tetap digunakan, dan membantu mencegah de-training yang bisa menyebabkan katabolik (penyusutan otot). Nah, untuk tetap mendapat manfaat baik dari berolahraga, berikut ini adalah kiat fitness di bulan puasa yang bisa Anda ikuti dan perhatikan.

 

1. Lebih disarankan latihan fitness untuk menjaga massa otot
Daripada bertujuan untuk muscle building atau fat loss untuk kecilkan perut, Anda cukup latihan untuk menjaga massa otot saja karena kedua hal tadi (muscle building dan fat loss) akan kurang optimal. Disarankan agar Anda latihan beban cukup 30-40 menit saja untuk maintenance massa otot.

2. Latihan angkat beban disarankan minimal 3 jam setelah makan besar
Tujuannya? Untuk memberi waktu transit makanan di lambung. Jadi, Anda bisa berangkat ke gym atau latihan di rumah setelah pulang tarawih.

3. Lakukan latihan ringan beberapa saat sebelum berbuka puasa
Setelah latihan ringan, Anda bisa melanjutkannya dengan latihan angkat beban pada malam hari sesudah pulang tarawih. Manfaat latihan ringan sebelum berbuka akan membakar lebih banyak cadangan lemak tubuh.

 

Kiat Fitness di Bulan Puasa

 

4. Setengah jam sebelum berbuka, lakukan latihan kardio
Jangan takut kehabisan energi karena selama kita masih punya lemak yang harus dibakar, maka kita tidak akan pernah kehabisan energi. Lakukan latihan kardio berintensitas ringan-sedang (2 denyut nadi per detik) selama 20 menit (ditambah 5 menit pemanasan dan 5 menit pendinginan) sebelum berbuka. Tentukan kecepatan dan tantangan yang masih cukup nyaman dilakukan. Hati-hati jika menggunakan kecepatan dan tantangan yang terlalu tinggi.

5. Latihan beban 30-4- menit sesudah tarawih
Sesuaikan beban dengan kemampuan fisik. Untuk pemanasan, Anda bisa melakukan 15 repetisi beban yang lebih ringan. Untuk latihan inti, lakukan denga beban terberat yangbisa dicapai maksimal 8-12 repetisi.

6. Anda bisa latihan sendiri rumah
Jika Anda tidak sempat ke gym karena sudah terlalu malam, silakan latihan di rumah saja dengan bantuan beban tubuh sendiri. Anda bisa melakukan split squat, supported crunch, back extension, close grip, push up serta latihan-latihan abdominal seperti planking, sit up, curl up, scissor kick, side jackknife, dan lain-lain.

 

Setelah membaca kiat fitness di bulan puasa di atas, sekarang tidak ada lagi alasan untuk berhenti olahraga di bulan puasa dengan alasan takut tidak kuat. Disarankan untuk latihan 3x dalam seminggu dengan beri waktu off latihan bagi tubuh untuk beristirahat 1-3 hari dalam seminggu. Selamat berpuasa dan berolahraga!

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *