20FIT .CO.ID


Kafein Peningkat Penampilan Olahraga

Kafein Peningkat Penampilan Olahraga

kofe-kofeynye-zerna-kofemolka

Banyak sekali orang di “gym” mengkonsumsi kopi atau teh sebelum mereka melakukan olahraga. Di Amerika Serikat pun, kafein merupakan obat yang paling umum digunakan dalam masyarakat masa kini. Kafein merupakan perangsang sistem syaraf pusat yang cenderung menurunkan rasa kantuk, meningkatkan kewaspadaan dan menghalangi rasa lelah. Lagi pula, pada orang dalam keadaan biasa/ tidak berolah raga, kafein cenderung mengubah fungsi kardivaskuler dengan meningkatkan tempo  jantung dan tekanan darah.

Dari pandangan olahraga, pengaruh terpenting kafein digunakan pada dua jaringan tepi: jaringan lemak dan otot rangka. Kafein telah diketahui membantu pengerangan asam lemak bebas dari jaringan lemak dan merangsang penggunaan lemak sebagai sumber energi oleh otot rangka. Kafein juga dikatakan mempunyai pengaruh “pencadangan glikogen” pada metabolisme otot rangka. Karena kelelahan dalam berolahraga dalam jangka waktu yang lama berhubungan dengan penipisan glikogen otot, akan diharapkan dapat memperlambat datangnya kelelahan.

Telah dibuktikan bahwa pengaruh pencadangan glikogen kafein dapat dengan nyata meningkatkan penampilan pada olahraga ketahanan yang berlangsung lama. Sebagai contoh, Ivy dan rekan kerjanya (1979) telah melaporkan bahwa pemakaian kafein sebelum dan selama berolahraga menghasilkan peningkatan 7,4% hasil kerja selama bersepeda dua jam. Pengaruh ini dicapai dengan pemberian 500mg kafein atau sama dengan 5 cangkir kopi.sebelum dan selama berolahraga.

sumber : Russell R. Pate, Bruce McClenaghan dkk, 1993. Dasar-dasar Ilmiah Kepelatihan. Semarang: Saunders College Publishing.

 

Author : Nuritia Septiantry (@nuritia )

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *