20FIT .CO.ID


Fakta Tentang Otot-otot Perut

Fakta Tentang Otot-otot Perut
by

Fakta tentang otot-otot perut ini perlu Anda ketahui sebelum Anda berlatih membentuknya.

Otot-otot perut memainkan peranan vital hampir dalam setiap gerakan tubuh. Tapi, Anda tak perlu menguras isi dompet untuk  menonjolkan otot-otot perut. Anda hanya perlu diet cerdas dan latihan yang tepat untuk memangkas lemak di perut serta memperkokoh bagian utama tubuh. Agar bisa memahaminya dengan lebih baik, kenali dulu fakta tentang bagian tengah tubuh Anda.

  • Rectus Abdominis. Rectus abdominis, atau sixpack, adalah otot perut yang paling dikenal. Tak seperti namanya, otot ini terdiri dari delapan segmen yang dipisahkan jaringan konektif tebal yang disebut fascia. Dengan membantu menetralkan tarikan otot yang meluruskan punggung bawah, rectus abdominis menjaga tulang belakang Anda tetap stabil. Tugas lain adalah menarik torso menuju pinggul.
  • Fascia. Jaringan yang kokoh ini berada di dalam, di sekeliling otot-otot tubuh Anda untuk membangun jaringan yang saling berhubungan. Terkait otot-otot perut Anda, ini adalah jaringan yang memisahkan dan menghubungkan delapan segmen rectus abdominis Anda.
  • Pbliques Ekstrenal. Berposisi vertikal dan diagonal, otot ini berawal dari tulang rusuk Anda dan menghubungkan tulang dan linea alba. Mereka membantu tubuh Anda menekuk torso ke samping dan memutar torso ke kiri maupun ke kanan. Mungkin ini yang paling penting, mereka juga bertindak untuk mencegah torso Anda berputar.
  • Obliques Internal. Otot-otot ini terletak di bawah rectus abdominis. Mereka membantu tekukan ke samping dan upaya untuk memutar torso, termasuk menghalangi perputaran torso.
  • Linea Alba. Garis fascia yang panjang ini membentuk garis memanjang ke bawah yang memisahkan otot-otot perut Anda. Fungsinya membantu mencegah rectus abdominis robek akibat tarikan obliques.

Men’sHealth

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *