20FIT .CO.ID


Cek Latihan Efektif Anda dengan 11 Hal ini

Cek Latihan Efektif Anda dengan 11 Hal ini
by

Latihan efektif, apabila Anda melakuannya dengan benar. Jangan sampai impian body goals Anda hilang begitu saja karena tidak mengetahui tentang hal ini.

Anda perlu meninjau kembali latihan Anda apabila Anda menemukan 11 tanda ini saat Anda berlatih.

1. Sering mengobrol saat berlatih

Ngobrol bersama teman saat berlatih memang tidak salah, tetapi jika obrolan Anda merupakan hal yang tidak penting sepertinya Anda perlu menahan diri lebih lagi. Fokuskan diri Anda berlatih apabila Anda sudah berada di tempat gym atau dimanapun tempat Anda berlatih.

2. Bermain handphone saat berlatih

Salah satu survey membuktikan bahwa salah satu faktor dari hasil fitness yang tidak maksimal adalah bermain handphone sambil berlatih. Jangan sia-siakan waktu Anda.

3. Tidak merasakan efek apapun di tubuh Anda

Saat melakukan latihan normalnya keesokan harinya badan Anda akan merasa nyeri dan sakit. Nyeri otot pasca Anda berlatih ini wajar, ini tandanya badan Anda merespon latihan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Bahaya apabila Anda tidak merasa apa-apa. Ini tandanya Anda tidak melakukan latihan dengan benar. Karena apabila Anda melakukan latihan dengan benar, Anda menimbulkan robekan-robekan mikroskopis terhadap otot Anda. Otot-otot tersebutlah yang kemudian akan pulih dan menjadi lebih kuat.

4. Selalu cidera dan merasa sakit

Linu-linu setelah latihan memang wajar, tapi apabila Anda sampai merasakan nyeri yang berlebihan setiap kali Anda latihan, bisa jadi Anda overtraining. Izinkan tubuh Anda untuk recovery, jangan karena semangat kurus jadi olahraga berlebihan. Bisa-bisa otot Anda cidera atau jenuh.

5. Tidak merasa lapar saat atau setelah berlatih

Sudah latihan, tetapi tidak merasa lapar sama sekali? Mungkin Anda masih punya energi untuk melakukan lebih dari yang telah Anda tanggung.

6. Mengalami stagnansi

Pada awalnya mungkin workout Anda menunjukkan banyak proses. Tapi kenapa lama-kelamaan tidak terlihat apa-apa? Tubuh kita beradaptasi pada pola latihan kita. Oleh karena itu, apabila Anda mau proses melesat lebih cepat lagi, coba selingi model latihan Anda.

7. Tidak merubah model latihan

Ini dia yang barusan dibahas. Tidak hanya intensitas yang harus ditambah, variasi sangatlah penting dalam latihan. Anda bisa mencoba ikut kelas boxing atau TRX yang belum Anda coba sebelumnya. Paksalah tubuh Anda untuk merasa tidak nyaman. Selain itu, tidak ada salahnya menjadi kreatif, bukan?

8. Anda selalu merasa lelah

Seharusnya apa yang Anda lakukan lama-lama memberikan Anda lebih banyak energi, bukan membuat Anda lelah setiap saat. Mungkin Anda kurang menyisipkan waktu istirahat atau recovery di dalamnya.

9. Selalu mengantuk

Seharusnya latihan akan jadi efektif apabila Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Apabila Anda masih selalu mengantuk, coba periksa jam tidur Anda. Terlebih apabila Anda biasa workout di pagi hari, tidurlah lebih awal malam sebelumnya.

10. Latihan Anda terasa mudah

Sederhana, tubuh Anda perlu tantangan lebih tinggi lagi.

11. Anda hanya melakukan gerakan-gerakan favorit saja

Zona nyaman. Biasanya gerakan-gerakan favorit adalah gerakan yang paling mudah yang bisa Anda lakukan. Hati-hati mengalami stagnansi apabila hanya melakukan itu-itu saja. Latihan efektif apabila Anda melakukannya diluar dari zona nyaman.

Jadi bagaimana tentang latihan efektif diatas? Sudahkan Anda melakukannya?

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *