20FIT .CO.ID


Bebas Lemak Dalam 4 Langkah

Bebas Lemak Dalam 4 Langkah
by

Bagi Anda yang sedang berjuang memangkas tumpukan lemak di tubuh, nasehat latihan dari Gideon Akande, 31, pemenang Men’s Health Next Top Trainer 2015, bisa menjadi solusi alternatif yang bisa Anda pilih.

Selain langkahnya sederhana, saran pemenang Chicago Golden Globe 2013 dan 2014 ini memungkinan Anda mengkreasi sendiri boot camp pembakar lemak yang sesuai dengan Anda. Jika ingin mencobanya, simak empat tip dari Akande yang ada di bawah ini:

Langkah 1: Lokasi Istimewa
Akande merekomendasikan Anda untuk melakukan boot camp di ruang terbuka (outdoor). “Tempat parkir, taman kota, atau lapangan bola basket memberikan ruang yang cukup memadai bagi Anda untuk bergerak bebas, hal yang Anda butuhkan  jika teman-teman Anda bergabung untuk melakukan gerakan latihan seperti lateral shuffle,” ujar Akande. Anda memilih menguras keringat di dalam ruangan (indoor)? “Pilih gerakan-gerakan latihan yang mengizinkan Anda tetap berada di satu titik,”ujarnya. “Anda bisa melakukan high knee ketimbang lateral shuffle.”

Langkah 2: Pilih Latihan Anda
Gunakan gerakan-gerakan latihan yang bersandar pada beban tubuh Anda sendiri dan masukkan dalam kategori-kategori berikut:
TUBUH ATAS (misal pushup, chinup, dan pullup)
BAGIAN UTAMA TUBUH (misal plank dan V-up)
TUBUH ATAS (misal lunge dan squat)
KARDIO TOTAL-BODY (misal high knee dan lateral shuffle)
“Lakukan gerakan-gerakan latihan itu dalam metode sirkuit yang membuat salah satu kelompok otot bekerja, sementara kelompok otot lainnya memulihkan diri,” tambah Akande. “Cara ini akan membantu Anda beristirahat dengan singkat dan memelihara intensitas latihan tetap tinggi.

Langkah 3: Tentukan Interval Anda 
Interval Anda adalah rasio latihan dan istirahat (dalam hitungan detik) untuk tiap gerakan latihan. Pilih salah satu dari tiga rasio di bawah ini:
30:30 Jika Anda belum pernah melakukan boot camp sebelumnya, mulai dengan interval yang mengutamakan keseimbangan atara latihan dengan istirahat ini.
40:20 Pilihan yang bagus untuk pembakaran otot yang maksimal.
20:10 Jika Anda bugar dan ingin sesi latihan yang memaksimalkan kinerja paru-paru Anda, ini adalah pilihan terbaik.
Tapi apapun interval latihan pilihan Anda, lakukan sirkuit terakhir dengan maksimal, ujar Akande.

Langkah 4: Pemanasan Latihan 
Sebelum mulai berlatih, lakukan pemanasan dengan gerakan-gerakan latihan yang bersadarkan pada beban tubuh berikut ini: plank (45 detik), squat (30 repetisi) dan bear crawl (30 detik). Ini terhitung 1 putaran. Lakukan 2-3 putaran, dan kemudian baru masuk ke boot camp. Lakukan sirkuit yang Anda kreasi di langkah 2 sebanyak 4-8 kali dengan istirahat (sesuai yang Anda butuhkan) di antara masing-masing sirkuit untuk menyelesaikan sesi latihan Anda. “Ajak gabung teman-teman Anda jika Anda bisa,” ujar akande. “Boot camp bekerja lebih bagus jika dilakukan secara berkelompok.

Men’sHealth

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *