20FIT .CO.ID


Badan Sakit Setelah Olahraga Apakah Artinya?

pegal badan sakit setelah olahraga
by

Saat sehabis melakukan olahraga kebanyakan dari kalian pasti merasakan rasa pegal dan sakit pada beberapa bagian tubuh. Tapi terkadang kalian pasti bertanya-tanya apakah badan sakit setelah olahraga merupakan tanda olahraga kita berhasil atau malah ada kesalahan pada olahraga kita? Ketahui jawabannya di bawah ini ya!

Badan Sakit Setelah Olahraga Apakah Artinya?

Terdapat istilah DOMS (Delayed Onset Muscle Sense) yang artinya adalah terjadinya kerusakan pada sel-sel otot saat kalian melakukan sesuatu kegiatan (olahraga) yang tidak biasa dilakukan oleh otot kalian. Melalui kerusakan sel-sel otot ini akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada bagian-bagian tertentu yang kalian gunakan. Akan tetapi kerusakan ini bersifat normal dan tidak perlu kalian khawatirkan karena artinya otot kalian sedang beradaptasi terhadap kegiatan (olahraga) baru yang kalian lakukan.

Rasa nyeri dan sakit ini biasanya akan kalian rasakan tidak tepat setelah kalian selesai melaksanakan olahraga, melainkan baru muncul setelah 6-8 jam kedepan. Biasanya rasa sakit akibat olahraga ini bisa bertahan selama 24-48 jam kedepan setelah kalian berolahraga.

Seiring berjalannya waktu, otot kalian akan mulai beraptasi terhadap olahraga yang kalian lakukan sehingga kedepannya saat kalian berolahraga lagi otot kalian akan lebih kuat dari sebelumnya dan rasa sakit yang ditimbulkan setelah melakukan olahraga akan berkurang atau bahkan dapat hilang.

Kapansih rasa pegal dan nyeri (DOMS) seperti ini muncul?

push up badan sakit setelah olahraga

  • Saat kalian melakukan sebuah kegaitan (olahraga) yang tidak biasa atau baru melakukan lagi setelah sekian lama tidak melakukan kegiatan (olahraga) tersebut.
  • Menambahkan gerakan dan aktivitas baru pada program olahraga kalian.
  • Setelah meningkatkan intensitas aktivitas (olahraga) kalian.

Semoga bermanfaat ya buat kalian jadi jangan khawatir kalau badan kalian merasa sakit setelah melakukan olahraga. Jangan jadikan rasa sakit ini sebagai alasan kalian menunda olahraga kalian yaa!

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *