20FIT .CO.ID


Apa yang Terjadi Saat Anda berlari 30 Menit?

Apa yang Terjadi Saat Anda berlari 30 Menit?
by

Berlari adalah olahraga kardio yang efektif bagi Anda yang ingin mengikis lemak. Tapi tahukah Anda apa yang terjadi pada tubuh Anda saat berlari?

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga lari. Apakah Anda salah satu orang yang gemar berlari? Maka artikel ini sangat penting bagi Anda. Anda harus tahu reaksi tubuh Anda saat Anda berlari.

Menit pertama

  • Saat mulai olahraga, tubuh akan bekerja dengan mengambil energi yang didapat melalui bantuan molekul adenosine triphosphate (ATP) yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Bila tubuh mulai terasa panas itu tandanya molekul ATP dalam tubuh mulai terproses dan berubah menjadi molekul adenosine diphostate (ADP) yang menghasilkan energi lebih besar. Setelah beberapa saat, molekul ADP akan kembali menjadi ATP dengan dengan bantuan sel-sel otot Anda.

Setelah menit pertama

  • Untuk mendapat energi lebih besar (ATP lebih banyak), sel-sel dalam tubuh akan memecah glikogen, bentukan glukosa yang ada di dalam otot. Selain itu, sel-sel otot akan mengambil glukosa dari aliran darah (Inilah mengapa olahraga sangat dianjurkan untuk Anda dengan gula darah tinggi). Semakin jauh lari Anda, semakin banyak glukosa yang diambil oleh sel otot. Tak hanya itu, tubuh akan mengeluarkan asam laktat yang menjadi tanda adanya tekanan aktivitas pada tubuh.

Menit-menit setelahnya

  • Degup jantung meningkat dan darah terpompa langsung ke bagian otot. Pada saat ini tubuh akan terfokus pada bagian-bagian tertentu saja (Organ cerna bukan salah satunya).
  • Mulai merasa sesak? Wajar, karena sebagian besar oksigen dalam tubuh digunakan untuk memproduksi glukosa dan menambah energi saat lari.
  • Otot bagian besar tubuh –kaki, bokong, otot inti tubuh- akan menyangga dan menyeimbangkan tubuh saat lari, memaksimalkan kerja sendi panggul agar lari  lebih nyaman.
  • Tubuh terus membakar kalori, bahkan yang sudah berbentuk lemak. Pembakaran glikogen dan oksigen ini akan meningkatkan suhu tubuh. Mengeluarkan keringat adalah salah satu cara tubuh mengembalikan keseimbangan suhu tubuh.

10 Menit

  • Beruntunglah Anda yang rutin olahraga. Sebab performa lari jadi stabil di menit ke- 10 karena otot yang lebih kuat dan jumlah ATP yang lebih imbang. Bagi yang masih bolong-bolong, jangan heran bila tubuh mudah capek. Karena persediaan ATP, oksigen, dan asam laktat dalam tubuh masih belum imbang maka lari sedikit menyiksa dan butuh penyesuaian.

30 Menit

  • Fiuh! Usai sudah lari Anda.. akhiri dengan berjalan santai, untuk membantu tubuh menyeimbangkan kembali energi dan ritme napas.
  • Meningkatnya kadar hormon dopamin dalam tubuh akan membuat Anda lebih berenergi setelah berolahraga. 

Worth it, right?

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *