20FIT .CO.ID


Penyebab Waktu Terbuang Ketika di Gym

Penyebab Waktu Terbuang Ketika di Gym
by

Dear pembaca, apakah anda merasa sudah merencakan waktu latihan di gym sedemikian rupa, dari awal hari misalnya telah diatur durasi selama di gym maksimal 2 jam sudah termasuk mandi dan lain nya. Namun pada pelaksanaan nya jadi molor menjadi 3 bahkan 4 jam baru keluar dari gym. Ingin tahu penyebabnya?

 

  1. Ngobrol / gossip

Saat di gym anda kerapkali bertemu teman ataupun siapapun yang anda kenal. Berawal dari sapaan, lalu bertukar kabar dan akhirnya sesi cerita atau curhat yang panjang. Hal ini tak bisa dihindari kecuali anda memakai topeng. Tapi topeng bukanlah solusinya, jika anda ingin tepat pada jadwal anda di gym, setelah bertegur sapa langsunglah anda menuju tujuan anda ke gym saat itu (ikut kelaskah, latihan beban atau cardio).

Terlalu enjoy saat berolahraga

Pernah melihat seseorang diatas treadmill, berjalan sambil menonton tv di depan nya? Atau diatas mesin cardio sambil membalas chat? Hmm .. tanpa anda sadaripun hal ini membuat anda membuang waktu di gym. Anda bisa lebih focus dan melakukan olahraga dengan lebih focus dan maksimal.

Tidak punya rencana

Jika anda termasuk orang yang ke gym dan tidak memiliki rencana akan melakukan apa disana, anda akan membuang waktu. Sebelum pergi ke gym, tentukan anda akan melakukan latihan apa. Membaca, browsing dan melihat majalah olahraga dapat membantu.

Break terlalu lama

Saat istirahat antar set yang terlalu lama, bisa jadi juga karena melihat keadaan sekitar, membalas chat (!) ataupun sekedar break agak lama. Dengan menjaga kestabilan denyut jantung saat berlatih akan memberi manfaat yang optimal tentunya pada olahraga anda.

Terlalu lama di ruang ganti

Hal ini juga menjadi problem sebagian orang, entah berkaca atau membalas pesan (lagi) menjadi salah satu penyebab anda membuang waktu di gym.

Hanya focus pada 1 mesin

Jika anda termasuk orang yang hanya terpaku pada 1 mesin dan tidak melatih otot anda secara keseluruhan, hal ini juga akan membuang waktu anda. Bayangkan sesi anda maksimal dikarenakan melatih keseluruhan otot bukan hanya terpaku dimesin crunch dan treadmill saja.

Kurang pengetahuan tentang fitness

Seringkali anda mau mencoba gerakan baru yang sedang in, namun apakah anda telah mengetahui semuanya dalam hal ini teknik, benefit dan resiko cedera jika tidak dilakukan dengan benar? Pelajari dulu latihan yang anda ingin lakukan, agar hasilnya pun efektif dan menghindari cedera tentunya.

Penulis: Mei Pande

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *