20FIT .CO.ID


3 Manfaat Aerobik Menjelang Liburan

3 Manfaat Aerobik Menjelang Liburan
by

Pada dasarnya latihan aerobik membantu seseorang untuk tetap terjada kondisi fisiknya dalam menghadapi aktifitas fisik yang berlebihan sekaligus perubahan cuaca yang ekstrim. Banyak orang yang daya tahan tubuhnya rentan terhadap cuaca dingin atau panas. Apalagi kalau berpindah dari daerah tropis ke daerah yang sedang dilanda musim salju. Fisik tergantung dari seberapa sering kita berolahraga. Tubuh membutuhkan latihan-latihan agar terbiasa dalam menghadapi beban yang melebihi kapasitasnya. Salah satu latihan yang sangat direkomendasikan oleh para ahli kesehatan adalah aerobik.

Aerobik sangat bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh. Bersepeda, berenang, lari, jalan kaki, naik tangga, main tenis dan sebagainya adalah contoh latihan otot kardivaskular yang bisa menjaga tubuh tetap bugar. Bagi yang tidak terbiasa, dampak yang langsung dirasakan adalah pegal-pegal kecil yang dalam waktu sehari dua hari juga akan hilang. Namun dari sisi jangka panjang, semakin sering berolahraga maka semakin tinggi imunitas badan terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit.  Itulah manfaat paling minimal dari latihan aerobik.

Lalu apa saja manfaat lainnya? Pertama, latihan ini bisa membantu menjaga berat badan Anda agar tetap terkendali. Banyak orang menginginkan berat badan ideal dengan diet yang tidak sesuai dengan kaidah kesehatan. Akibatnya, bukannya badan tambah kurus, malah justru daya tahan tubuh semakin melemah karena kurangnya nutrisi penunjanng. Padahal dengan rutin jalan kaki, jogging, renang atau aerobik lainnya bisa menjaga komposisi tubuh yang berimbang. Makan banyak, tapi berat badan tidak bertambah. Bukan membatasi makanan.

Kedua, aerobik membantu meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot. Jika kedua organ ini bisa lebih fleksibel maka potensi untuk cedera apabila tubuh terbebani dengan aktifitas fisik yang berat bisa lebih terminimalisir. Apalagi saat liburan, Anda berjalan kaki lebih banyak daripada hari-hari normal dan beristirahat lebih sedikit dibandingkan hari lain. Belum ditambah dengan asupan nutrisi yang lebih minim dan juga makanan-makanan yang tidak sehat yang lebih banyak dikonsumsi demi mengejar wisata kuliner di daerah tujuan. Dengan intens latihan, maka tubuh tetap fit dan otot pun tidak pegal dan cedera.

Manfaat ketiga adalah memperbaikin kapasitas paru-paru. Sebagian orang lelah bukan karena ototnya pegal, tapi karena jantungnya yang lemah serta paru-parunya yang hanya mampu menyerap oksigen dengan kapasitas rendah. Aerobik merupakan latihan kardiovaskular yang bisa membantu dua organ vital ini bekerja optimal. Bayangkan bila Anda terpaksa puas hanya jalan-jalan di sekitar hotel tempat menginap karena tidak kuat untuk jalan-jalan lebih jauh. Mau pakai kendaraan umum, ada biaya tambahan di luar anggaran yang sudah ditetapkan. Mau tidak mau, cobalah untuk intens berolahraga agar liburan nanti kondisi tubuh Anda tetap kuat dan bugar.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *