20FIT .CO.ID


3 Cara Kecilkan Perut Buncit

3 Cara Kecilkan Perut Buncit
by

Kesal dengan perut buncit yang tak kunjung pergi? Apalagi kalau bagian tubuh Anda yang lain ternyata kecil atau kurus, sehingga perut buncit kian menganggu. Memiliki perut buncit memang dapat mengurangi rasa percaya diri, terutama bagi para wanita. Mengingat perut–dan juga pinggang–adalah bagian yang paling elastis dan mudah melar, tentu Anda harus berusaha lebih ekstra agar dapat merampingkannya kembali.

Tak perlu khawatir. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, cukup ikuti 3 cara kecilkan perut buncit di bawah ini.

 

1. Lakukan diet sehat

perut buncit - diet

(Source: caloriesecrets)


Diet adalah salah satu hal yang selalu disarankan oleh pakar nutrisi dan pakar kesehatan. Ingat hal ini: diet bukan berarti tidak makan sama sekali, namun atur pola makan Anda agar lebih teratur dan dengan porsi yang pas. Berikut 2 hal yang bisa Anda lakukan ketika melakukan program diet:

  • Mengatur jadwal makan Anda
    Tentukan jam sarapan, makan siang, dan makan malam Anda. Usahakan agar jam tersebut tidak lagi berubah-ubah agar tubuh Anda tersinkronisasi dengan jam makan yang sudah Anda atur. Jangan pernah terlambat makan karena dapat mengganggu jadwal makan berikutnya.
  • Makanan sehat adalah menu Anda
    Jika memungkinkan, ganti karbohidrat dari beras nasi putih dengan beras nasi merah. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur dan protein yang dikukus dan menggunakan sedikit garam serta buah-buahan segar. Hindari makan cemilan yang manis dan terlalu asin. Sebaiknya, ganti cemilan dengan buah atau kacang-kacangan yang jauh lebih sehat nutrisinya untuk mendukung program diet Anda.

 

2. Imbangi dengan rutin berolahraga

perut buncit - olahraga

(Source: womansday)


Olahraga teratur 2-3 kali dalam seminggu selama 15-30 menit sudah cukup Anda lakukan untuk mempercepat proses mengecilkan perut buncit. Tidak perlu olahraga berlebihan, Anda bisa melakukan olahraga untuk wanita berikut ini:

  • Jogging
    Jogging merupakan olahraga paling mudah untuk membakar lemak membandel. Lakukan jogging sesuai dengan kemampuan Anda. Tambahkan jarak rute jogging Anda sedikit demi sedikit sesuai adaptasi tubuh Anda.
  • Sit Up
    Lakukan sit up secara teratur setiap hari untuk melangsingkan perut buncit Anda dengan lebih cepat. Beri alas agar tidak mencederai tulang belakang Anda.
  • Back Up
    Mintalah seseorang untuk memegang kaki Anda selama Anda melakukan back up untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Vertical Leg Crunch
    Untuk melakukan gerakan ini, berbaringlah di lantai dengan meletakkan tangan di belakang kepala lalu angkat kaki Anda tinggi-tinggi dan silangkan. Tahan posisi ini sambil menarik tubuh Anda ke depan. Lakukan vertical leg crunch setiap hari secara teratur.
  • Bersepeda
    Olaharaga satu ini sangat menyenangkan karena Anda bisa sekaligus berekreasi. Jika Anda bersepeda selama 30 menit, Anda membakar kalori tubuh sebanyak 300 kalori, lho.
  • Ball Crunch
    Lakukan gerakan sit up sambil menggunakan bola gym untuk menambah beban.

 

3. Rawat bentuk tubuh dengan minuman sehat

perut buncit - minuman sehat

(Source: prevention)


Jika Anda telah menerapkan diet sehat dan berolahraga secara teratur dan benar, maksimalkan usaha Anda dengan mengonsumsi minuman sehat. Anda bisa mengonsumsi jus buah, jus sayur, maupun jamu herbal agar dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

 

Mengecilkan perut buncit membutuhkan konsistensi. Ikuti 3 cara di atas secara rutin dan lihat perubahannya dalam 2 minggu. Siap-siap katakan: “Selamat tinggal, perut buncit!”

 

Source: 1, 2, 3

Natasha R. Sinsoe

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *