20FIT .CO.ID


10 Manfaat Olahraga Rutin di Malam Hari

10 Manfaat Olahraga Rutin di Malam Hari
by

Kebanyakan orang akan malas melakukan olahraga pagi karena tidak mau terburu-buru ke kantor, atau merasa waktu mereka di pagi hari tidak cukup apabila harus melakukan olahraga dan pada akhirnya merekapun meninggalkan olahraga. Untuk Anda yang sibuk di pagi hari, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat melakukan olahraga seusai Anda bekerja atau di saat malam hari. Tidak hanya bermanfaat di pagi hari, olahraga di malam hari pun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh Anda. Berikut 10 Manfaat olahraga rutin di malam hari yang bisa Anda rasakan ;

1. Menghilangkan Racun dan Toxin Seharian Beraktivitas

Olahraga di malam hari akan membantu Anda membuang racun dan radikal bebas yang mengganggu tubuh Anda, contohnya asap dan debu serta makanan tidak sehat yang Anda konsumsi pada pagi – siang harinya.

2. Untuk meningkatkan daya gerak otot tubuh

Olahraga pada malam hari khususnya olahraga seperti lari atau jogging, akan dapat meningkatkan daya gerak tubuh. Hal ini karena ketika seseorang berlari di malam hari, bukan indra penglihatan yang bekerja tetapi sistem sensor dalam tubuhlah yang bekerja ‘merasakan’ jalanan ataupun tempat kita berlari. Dengan meningkatnya ketajaman sensor pada tubuh, sistem refleks serta daya gerak bagian-bagian tubuh pun dapat lebih mudah terstimuli. Contohnya, ketika ada anjing atau kucing di hadapan jalur ketika berlari, maka dengan seketika tubuh akan melakukan gerakan refleks yang baik. Ketika olahraga malam hari lebih sering dilakukan, anggota tubuh pun akan lebih terlatih dan lebih peka akan gerakan.

3. Untuk membuat keadaan psikologis lebih baik.

Penelitian di Universitas London seperti yang diungkapkan di the Australian.com membuktikan bahwa melakukan olahraga di malam hari, dalam hal ini lari, dapat meningkatkan perasaan bahagia. Penelitian yang dilakukan pada sebuah kelompok pelari pada jarak lebih dari sepuluh kilometer ini menemukan bahwa berolahraga lari di malam hari dirasakan lebih ringan dari pada berlari di siang hari pada jarak yang sama. Setidaknya, kelompok pelari tersebut berlari satu menit lebih cepat ketika mereka berlari pada malam hari. Hal ini mempengaruhi mereka secara psikologis, karena mereka merasa lebih senang serta puas akan pencapaiannya. Dan ini pun selanjutnya berdampak pada kinerja mereka di kantor, yakni mereka merasa lebih bersemangat untuk melakukan aktivitasnya di kantor.

4. Tidur Lebih Lelap

Bagi mereka yang pekerja keras di siang hari, berolahraga di malam hari akan memberi manfaat lebih bagi tubuh. Apalagi jika kegiatan olahraga malam hari ini sudah dilakukan secara rutin, maka kualitas tidur anda akan meningkat dan membuat anda merasa jauh lebih fit di pagi hari. Hal ini sudah dibuktikan oleh National Sleep Foundation di Amerika yang melakukan sebuah studi mengenai kualitas tidur 83 orang yang melakukan olahraga di malam hari. Tentunya setelah berolahraga tubuh kita siap untuk beristirahat untuk melanjutkan aktivitas kita d esok hari. Namun perlu disarankan untuk berdiam diri selama 1 jam setelah olahraga karena suhu tubuh setelah olahraga akan meningkat.

5. Membakar kalori

Untuk membakar kalori dengan maksimal, olahraga malam bisa menjadi solusi untuk pembakaran kalori karena kalori dari makanan yang kita konsumsi dalam sehari akan dibakar tubuh ketika kita berolahraga di malam hari.

6. Membentuk Otot

Bagi yang ingin membentuk otot – otot tubuh, olahraga malam sangat baik dilakukan karena membentuk atau membangun otot lebih baik dilakukan dimalam hari ketika tubuh mengeluarkan hormone yang membentuk tubuh keluar lebih banyak dari ppada di pagi ataupun siang hari.

7. Relaksasi Otak

Setelah beraktivitas di kantor seharian, dengan berolahraga malam kita dapat merefresh otak kita karena manfaat olahraga selain menjaga kesehatan juga dapat menghilangkan stress sehingga mungurangi tekanan yang ada dalam pikiran kita.

8. Membantu menanggulangi gangguan tidur

Insomnia adalah gangguan tidur yang mengakibatkan si penderitanya sulit untuk tidur di malam hari.Gangguan tidur yang dapat disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi dapat dikurangi dengan melakukan aktivitas olahraga di malam hari.

9. Untuk kebugaran tubuh

Penelitian Youngstedt menemukan bahwa olahraga di malam hari dapat membuat seseorang menjadi lebih bugar bahkan pada satu hari berikutnya. Salah satu faktor yang menyebabkan keadaan tersebut adalah karena suhu tubuh mereka yang berolahraga di malam hari meningkat dan akan tetap bertahan seperti demikian dan hal inilah yang menjadikan tubuh menjadi lebih segar.

10. Memompa Jantung Dengan Baik

Olahraga dapat membantu system pemompaan darah pada jantung. Fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif, dan ini dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah  yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga jantung dapat berfungsi dengan baik.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *