20FIT .CO.ID


Memilih Pakaian yang Pas Buat Liburan

Memilih Pakaian yang Pas Buat Liburan
by

Liburan akhir tahun ini pasti sudah direncanakan jauh-jauh hari.  Ada yang ingin menjelajah pantai, gunung, atau sekedar berkunjung ke kota-kota lain.  Ada yang ingin ke luar negeri, ada pula yang ingin wisata keliling Indonesia. Berbagai jadwal perjalanan sudah disusun, tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi selama liburan, kuliner khas apa saja yang akan disantap, oleh-oleh yang akan dibeli dan termasuk tempat bersejarah yang sayang kalau dilewatkan.  Apapun rencana dan tujuan wisata Anda, mulailah mencocokkan busana yang akan dikenakan selama liburan supaya tidak “saltum” alias salah kostum. Dampak kalau salah menyesuaikan pakaian, bukan saja membuat tidak nyaman, tapi juga dianggap tidak memahami kondisi daerah wisata itu sendiri.

Misalnya Anda berencana akan ke daerah pantai seperti Lombok, Bali, Raja Ampat dan sebagainya. Tentunya pakaian yang dipilih adalah yang bisa menyerap keringat dan juga bahannya tidak berat saat  berenang di laut. Busana yang terbuat dari katun sangat disarankan untuk dipakai saat ke pantai. Untuk para pria, selain kaos katun, bisa juga memakai kemeja tipis. Jangan pakai kemeja yang biasa dikenakan saat berangkat ke kantor karena bahannya pasti berbeda. Kenakan juga celana pendek sebagai ganti celana jeans yang berat dan tidak bebas bergerak. Tambahkan dengan topi sebagai penutup kulit wajah serta kacamata hitam untuk mencegah sinar ultra violet yang menyengat. Sedangkan untuk kaum Hawa, bisa mengenakan cover ups yang berwarna terang sehingga telrihat lebih simpel dan juga sopan.

Bagaimana kalau wisatanya ke gunung?  Gunung sangat kaya akan pesona alamnya, mulai dari hamparan sawah, langit yang bersih, pemandangan “di bawah” yang penuh kerlap kerlip lampu kalau malam hari hingga nuansa kuliner khas masyarakat pegunungan yang tidak ada di kota. Kalau berlibur ke dataran tinggi seperti ini, gunakan busana yang cukup tebal agar kondisi tubuh tetap terjaga vitalitasnya. Untuk atasannya, bisa juga ditambah dengan flanel. Kadang suka ditambah dengan kupluk sebagai penutup kepala. Jika Anda pergi ke negara yang dingin, selain pakaian dan aksesoris di atas, lengkapi juga dengan penutup telinga (earwarm) agar telinga Anda tidak sakit akibat suhu yang terlalu dingin.

Kalau tujuan liburan kali ini ke daerah kota, maka persiapannya tidak perlu ribet dibanding ke pantai atau ke gunung. Cukup siapkan saja beberapa potong kemeja, kaos katun, sepatu kets atau sandal biasa.  Jalan-jalan keliling kota lebih enak kalau mengenakan sandal ketimbang sepatu kulit.  Dan jangan lupa untuk menyiapkan botol minuman di tas Anda. Suhu yang panas bisa mempercepat proses dehidrasi dan bisa membuat kepala cepat pusing akibat kekurangan air. Tentu Anda tidak ingin liburannya terganggu gara-gara sakit, bukan?

Selamat berlibur!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *