20FIT .CO.ID


Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman

Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman
by

Jika pada tahun 2016 resolusi Anda adalah ingin konsisten berolahraga, maka mulailah membuat jadwal dan target apa yang ingin dicapai dengan resolusi tersebut. Misalnya ingin menurunkan berat badan, ingin lebih sehat dan bugar, atau sekedar mempertahankan proporsi tubuh yang ideal. Atau ada juga yang ingin sekedar menyalurkan hobi berolahraga.

Berolahraga, selain bermanfaat untuk membakar kalori, juga penting untuk metabolisme di dalam tubuh dan mengganti sel-sel yang telah mati. Aktifitas fisik ini harus direncanakan dan “dipaksa”, khususnya bagi mereka yang malas-malasan. Sebab dalam jangka panjang, semakin rajin berolahraga semakin terjamin kesehatan di hari tuanya asalkan pola hidup dan pola makannya juga terjaga. Apalagi kalau untuk mereka yang sudah berumur 50 tahun ke atas, di mana masalah osteoporosis sudah mulai mengganggu, kekuatan jantung mulai sedikit berkurang, maka berinvestasi pada waktu untuk berolahraga semasa muda adalah solusi hidup sehat di hari tua.

Sebelum rutin melakukan aktifitas tersebut, dan agar hasil yang ingin dicapai juga maksimal, mulailah dengan memilih pakaian yang khusus untuk berolahraga nanti. Cari busana yang bahannya bisa menyerap keringat agar selain membuat nyaman, juga menghindari dari gangguan kulit. Bahan yang tidak bisa menyerap keringat bisa berakibat bertambahnya beban tubuh saat bergerak karena pakaian menjadi basah.

Pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh juga harus diprioritaskan dibandingkan yang terlalu longgar. Memakai baju longgar, misalnya saat bermain futsal, malah bisa mencederai diri sendiri.  Memakai yang sempit apalagi, bisa membuat badan tidak leluasa dalam bergerak. Beberapa orang lebih suka mengenakan baju olahraga yang longgar padahal bisa berakibat fatal pada dirinya.  Selain ukuran, perhatikan pula bahannya, apakah berpori atau tidak. Busana olahraga yang memiliki pori-pori bisa membantu mempercepat proses penguapan keringat dari tubuh kita. Ini juga harus menjadi bahan pertimbangan saat memilih pakaian olahraga tersebut.

Dari sisi warna, usahakan untuk tidak memilih warna putih karena berdasarkan penelitian pakar psikologi olahraga, putih menyebabkan semangat untuk berolahraga menjadi turun.  Lebih baik memilih warna-warna cerah khususnya di olahraga luar ruang. Hindari juga warna hitam karena akan cenderung menyerap panasnya matahari.

Satu hal lagi yang patut diperhatikan, jangan memakai pakaian olahraga yang modelnya ribet. Mungkin saja di beberapa negara maju menjadi tren, tapi jika diterapkan di Indonesia malah membuat gerakan tubuh tidak luwes. Contohnya, busana olahraga musim dingin yang corak dan modelnya trendi lalu diterapkan di sini, tentu saja menjadi tidak nyambung. Baju yang dipilih juga harus lentur dan mudah mengikuti gerakan. Saat mencoba sebelum membeli, gerakkan tangan dan kaki Anda untuk mengetes apakah busana ini cukup nyaman atau tidak.

So, selamat memasuki tahun 2016. Semoga di penghujung 2016 nanti kondisi fisik dan mental Anda menjadi lebih berkualitas lagi daripada hari ini!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *