20FIT .CO.ID


Cara Memilih Make Up untuk Olahraga

Cara Memilih Make Up untuk Olahraga
by

Banyak wanita yang punya hobi berolahraga ingin tetap tampil cantik saat melakukan aktivitas fisik. Meskipun tubuh dan wajah dipenuhi butiran keringat, namun memakai make up sebelum olahraga tetap penting agar wajah tetap terlihat segar. Apalagi saat ini banyak sekali acara olahraga yang diselenggarakan seperti acara sepeda sehat, jalan bersama atau hanya sekedar Car Free Day di mana Anda berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang, bahkan mungkin akan bertemu jodoh. Maka berpenampilan segar, ceria dan cantik meskipun sedang berkeringat adalah hal yang “wajib” bagi kaum perempuan yang hobi berolahraga. Bukan saran yang aneh kalau Anda tetap harus berdandan sebelum berolahraga, khususnya kegiatan yang mengharuskan bertemu dengan banyak orang.

Berikut ini adalah cara memilih make up untuk berolahraga agar kecantikan dan kesegaran wajah Anda tetap awet:

Eye makeup

Pilih warna natural seperti dan lembut, misalnya coklat, kelabu, atau biru. Dibutuhkan kehati-hatian saat menggunakan eye shadow metalik atau yang mengandung glitter karena bila terkena mata dan menyebabkan iritasi. Untuk maskara dan pensil alis, pilih yang tahan air karena lebih awet dan tidak luntur. Dan jangan lupa daerah mata Anda harus selalu dibersihkan dengan eye makeup remover.  Lanjutkan dengan mencuci muka seperti biasa untuk mengangkat sisa remover-nya.

Bercukur

Untuk merapikan bentuk alis, gunakan pencabut alis dengan ujung miring, dan hanya mencabut rambut-rambut kecil yang tumbuh tidak beraturan atau tidak berada di jalurnya.. Untuk rambut di bagian lain seperti ketiak atau tungkai, cara paling cepat dan mudah adalah dengan bercukur.

Sunscreen

Saat berolahraga di luar ruangan, sebaiknya Anda tidak hanya memperhatikan kemulusan wajah. Pastikan bagian kepala dan muka terlindungi dari sinar matahari sehingga tak rentan terbakar atau terkena kanker kulit. Tentunya Anda perlu menggunakan sunscreen.

Bedak transparan

Jangan menggunakan bedak dengan kecerahan warna yang kontras atau berbeda dari warna asli kulit. Lebih dianjurkan untuk memakai bedak tidak berwarna (translucent powder) yang berfungsi menonjolkan cahaya alami di wajah meskipun berkeringat.

Hindari Produk yang Terlalu Berat

Agar kulit tetap sehat dan menawan saat berolahraga tidak ada salahnya jika Anda menggunakan riasan tipis agar kulit Anda tetap bisa “bernapas”.  Jangan memakai riasan yang membuat Anda serasa pakai topeng . Misalnya saja daripada mengaplikasikan foundation , lebih baik memakai BB cream atau pelembab dengan kandungan SPF karena lebih ramah untuk kulit wajah dan ringan.

Lipstik

Jika memakai lipstik, pilihlah yang berwarna alami atau di atas warna bibir Anda satu tingkat. Jangan ketebalan juga.  Untuk kulit putih dan kuning langsat bisa menggunakan mengaplikasikan lipstik warna cerah, seperti pink dan oranye. Sedangkan bagi yang memiliki kulit sedikit gelap cocok sekali memakai lipstik berwarna coklat bersemu oranye.

Kini banyak produk yang diformulasi khusus untuk digunakan saat beraktivitas di bawah matahari. Yang perlu dimiliki kalau ingin berolahraga adalah alas bedak yang mengandung SPF. Selebihnya gunakan produk kosmetik Anda sehari-hari.

Salam olahraga!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *