20FIT .CO.ID


Trik Mengatur Porsi Makan Yang Tepat Untuk Diet

12 manfaat puasa untuk kesehatan tubuh
by

Ukur porsi makan Anda agar sesuai dengan kebutuhan tubuh sehari hari.

Menjaga berat badan, berarti menjaga pola dan asupan makanan sehari-hari. Banyak orang beranggapan, diet berarti mengurangi porsi makan secara drastis. Yang akhirnya membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Meskipun berdiet, asupan makanan tetap harus ada. Terlebih lagi, ada porsi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan harus Anda penuhi. Tinggal bagaimana anda meracik dan menyajikan asupan tersebut agar menjadi makanan yang enak. Ada trik yang biasanya dipakai oleh chef terkenal untuk menyajikan makanan yang tidak hanya lezat tapi juga sehat. Berikut ini cara menyajikan porsi makanan per sajian yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Buzzfeed.

1. Protein

Bagi wanita protein per sajian adalah seukuran telapak tangan wanita, sedangkan bagi pria adalah dua kali ukuran telapak tangan.

2. Sayuran

Satu genggam untuk wanita, sedangkan bagi pria 2 genggam sayur.

3. Karbohidrat

Sedangkan untuk karbohidrat, ambil satu tangkup tangan bagi wanita, dan dua bagi pria.

4. Lemak

Tubuh juga butuh asupan lemak setiap harinya, lemak berguna sebagai bahan bakar energi bagi tubuh. Ukuran lemak yang ideal adalah 1 ukuran jempol bagi wanita, dan dua bagi pria.

Porsi diatas bisa ditambah atau dikurangi berdasarkan, seberapa sering Anda makan, kebutuhan kalori atau ukuran tubuh, dan ukuran aktif seseorang. Selain itu, hasil yang dicapai juga dipengaruhi oleh selera dan tingkat kekenyangan seseorang.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *