20FIT .CO.ID


Haruskah Kita Konsumsi Superfood dalam Diet?

Haruskah Kita Konsumsi Superfood dalam Diet?
by

Kita mungkin sudah sering mendengar tentang tren superfood yang katanya wajib dikonsumsi dan sangat baik untuk kesehatan. Tapi, apa sih sebenarnya superfood ini dan apa manfaat kesehatan yang dihasilkan untuk tubuh ketika kita mulai mengonsumsinya?

Superfood adalah kelompok makanan, yang sebagian besar adalah makanan nabati tapi juga ada ikan-ikanan dan produk susu, yang dianggap sangat kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Namun, menurut American Heart Association tidak ada kriteria atau daftar yang disetujui dari sejumlah makanan tertentu untuk menentukan makanan apa yang tergolong super dan bukan. Bahkan, ahli gizi Despina Hyde mengatakan superfood adalah istilah pemasaran untuk makanan yang memiliki makanan kesehatan.

Tren superfood memang memanfaatkan fakta bahwa dengan bergaya hidup sehat dapat mengurangi risiko terhadap penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan kanker, serta memperlambat proses penuaan, meningkatkan kecerdasan, dan lain sebagainya. Akibatnya, orang berpikir dapat menghindari masalah di atas hanya dengan mengonsumsi satu atau dua jenis superfood tanpa diimbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya dan pola hidup yang baik.

Salah satu contoh makanan yang dikategorikan sebagai superfood adalah bawang putih, yang nutrisinya diduga dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Pada kenyataannya, untuk mencapai manfaat bawang putih sebenarnya seperti yang tertera dalam penelitian kita harus mengonsumsi sampai 28 siung dalam sehari. Penelitian lain misalnya konsumsi tiga atau lebih porsi blueberry dan stroberi selama seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32%. Namun, penelitian ini belum bisa membuktikan apakah blueberry atau stroberi benar-benar faktor utama yang memberikan dampak ini atau bukan.

Jadi, sebenarnya tidak ada salahnya untuk mengonsumsi superfood ini. Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal jangan lupa untuk tetap melakukan diet yang benar dan berolahraga secara teratur. Berikut superfood yang bisa kamu masukkan ke dalam pola makan harian kamu:

  • Brokoli
  • Kale
  • Quinoa
  • Bawang putih
  • Ikan berminyak, seperti salmon liar, sarden, dan tuna
  • Telur
  • Rumput laut
  • Chia seeds
  • Bawang bombay
  • Blueberry
  • Kunyit
  • Kiwi

Selamat mencoba!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *