20FIT .CO.ID


Kenali Tanda Stress di Kulit Wajah Kamu

kenali tanda stress di kulit wajah kamu
by

Stress tidak hanya berhubungan dengan jiwa anda. Tahukah anda bahwa wajah anda pun dapat mengalami stress. Dampaknya pun bisa berpengaruh pada kesehatan. Hormon penyebab stress dapat meresap ke dalam kulit. Lalu, apa saja tanda stress di  kulit wajah kamu? Yuk, kenali tanda-tanda nya sebelum parah.

Lingkungan baru membuat anda harus melakukan banyak adaptasi atau tugas kantor menumpuk? Hal ini dapat menjadi salah satu alasan orang mengalami stress. Tahukah kalian bahwa ketika anda mengalami stress hal tersebut juga dapat berpengaruh pada kulit wajah kamu.

Berikut, 5 tanda stress di kulit wajah kamu :

1. Kulit kering

Tanda yang paling mudah dikenali adalah kulit kering. Hal ini terjadi akibat hormon kortisol membuat kulit anda tidak dapat mempertahankan kelembapannya. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mencuci muka dengan air hangat. Pengaruh air hangat sangat baik untuk menghilangkan minyak di wajah. Sehingga kulit menjadi tidak kering.

Baca juga : 3 Minuman yang Baik untuk Kulit dan Tubuh

2. Kerutan pada wajah

Alamiahnya setiap kulit akan mengalami penuaan. Namun ketika kita mengalami stress, hal ini dapat mempengaruhi otak kita. Sehingga proses penuaan ini akan berlangsung lebih cepat. Lama kelamaan kita dapat melihat garis kerutan pada dahi, mulut, dan mata.

3. Lingkaran hitam di bawah mata

Penyebab mata panda salah satunya adalah stress. Ketika seseorang mengalami stress mereka menjadi sulit tidur. Hal ini menyebabkan kulit di bawah mata mengendur dan terlihat bengkak.

Mata panda sendiri terjadi karena sirkulasi darah melambat sehingga pembuluh darah di bawah mata meluas. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan masker timun sebelum tidur atau menggunakan eye cream yang dapat mengurangi hitam di bawah mata.

4. Wajah tampak lelah

Ketika stress produksi kolagen sehat dalam kulit menjadi terganggu. Oleh karena itu kulit akan tampak kusam dan membuat wajah lerlihat lelah. Selain kolagen, stress juga membuat produksi melanin menurun. Padahal melanin merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Tanda – tanda stress dengan mudah kita deteksi hanya dengan melihat kondisi pada wajah. Salah satu caranya adalah kita bisa mengatur stress sehingga tidak terlalu fokus ke hal-hal yang membuat kita tertekan.

 

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *