20FIT .CO.ID


Sering Ngantuk Setelah Makan, Apa Penyebabnya Ya?

Sering Ngantuk Setelah Makan, Apa Penyebabnya Ya?
by

Pernahkah kamu merasa ngantuk setelah makan? Tenang saja, bukan cuma kamu kok yang mengalaminya. Ngantuk setelah makan merupakan kondisi yang dialami oleh banyak orang, dan kadang hal ini bisa mengganggu produktivitas, terutama jika kantuk menyerang setelah makan siang di kantor. Lalu, apa sih yang membuat kondisi ini sering terjadi? Ini beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya.

  1. Proses Pencernaan dan Perubahan Hormon

Untuk mencerna makanan, tubuh akan memecah nutrisi makanan di dalam sistem pencernaan menjadi glukosa, lalu mengubahnya menjadi energi. Saat proses ini berlangsung, tubuh juga akan melepaskan berbagai hormon seperti amylin, glucagon dan cholecystokinin yang dapat meningkatkan kadar gula darah, termasuk serotonin yang bisa menimbulkan rasa kantuk.

  1. Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Selain karena proses pencernaan dan perubahan hormon, rasa kantuk setelah makan juga bisa dipengaruhi dari jenis makanan yang kamu konsumsi. Beberapa jenis makanan kaya mineral seperti daging, telur, ikan, bayam, dan kacang kedelai, mengandung tryptophan amino acid yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin penyebab rasa kantuk.

  1. Pola Tidur

Pola tidur yang berantakan juga bisa jadi penyebab ngantuk setelah makan. Sebab setelah makan, tubuh akan merasa kenyang dan santai, sehingga membuat kita merasa ngantuk terutama kalau kita kurang tidur.

  1. Masalah Kesehatan

Jika kamu selalu merasa ngantuk setelah makan, hal tersebut bisa jadi tanda kalau kamu sedang mengalami masalah kesehatan seperti anemia, alergi makanan, atau tiroid. Jadi jika kamu sering merasa tidak tahan untuk segera tidur setelah makan, sebaiknya segera periksakan diri kamu ke dokter.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kenapa ngantuk sering muncul setelah makan? Semoga informasi di atas bisa berguna, ya!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *