20FIT .CO.ID


Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan Setelah Makan

Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan Setelah Makan
by

Percaya atau tidak, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan setelah makan. Bukan tanpa alasan, hal-hal tersebut dilarang karena punya dampak negatif untuk kesehatan. Mau tahu hal-hal apa saja yang dimaksud? Simak infonya berikut ini.

  1. Mengonsumsi Buah

Buah memang kaya akan berbagai jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan. Meski begitu, buah tidak boleh dikonsumsi setelah makan, lho. Alasannya adalah karena buah merupakan makanan yang paling mudah dicerna. Jadi jika kamu mengonsumsi buah setelah makan, buah tersebut akan terlambat dicerna karena terjebak bersama makanan yang kamu makan sebelumnya.

  1. Minum Teh atau Kopi

Banyak orang yang gemar memesan teh atau kopi sebagai pendamping makanan mereka. Padahal, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan. Penyebabnya adalah teh dan kopi memiliki kandungan tannin yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Jadi jika kamu ingin meminum teh atau kopi, sebaiknya tunggu paling tidak satu jam setelahnya.

  1. Mandi

Agar bisa mencerna makanan dengan baik, darah harus mengalir ke organ perut. Tapi jika kamu mandi setelah makan, darah justru akan mengalir ke bagian tubuh lain, sehingga proses pencernaan pun bisa terganggu. Jadi, sebaiknya tunggu 30 menit setelah makan sebelum kamu mandi.

  1. Berjalan-jalan

Langsung berjalan-jalan setelah makan sebenarnya boleh-boleh saja. Tapi, risikonya kamu bisa mengalami gangguan pada perut dan pencernaan. Sama halnya dengan mandi, setidaknya tunggu 30 menit setelah makan sebelum kamu berjalan-jalan, ya.

  1. Tidur

Saat berbaring, dapat membuat makanan yang baru saja kamu konsumsi kembali ke pipa saluran makanan dan kembali tenggorokan. Alhasil, kamu pun akan merasakan sensasi panas di tenggorokan kamu. Untuk itu, sebaiknya hindari langsung tidur setelah makan. Idealnya, kamu harus menunggu dulu satu jam sampai dua jam sebelum tidur.

Nah, itu dia hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan setelah makan. Jadi supaya pencernaanmu tidak bermasalah, hindari melakukan hal-hal yang disebutkan di atas, ya!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *