20FIT .CO.ID


Nyepi Bukan Berarti “Nyepi”

Nyepi Bukan Berarti "Nyepi"
by

Hari raya Nyepi adalah  perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa

Hari Raya Nyepi

Anda ingin berlibur di Bali saat Nyepi? Pastikan Anda tau dulu aturan yang berlaku di Bali. Nyepi yang bertepatan dengan tanggal 9 Maret, Rabu besok akan berlangsung 24 jam, terhitung dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi esok harinya. Jangan sampai Anda “mati kutu” di dalam hotel atau justru di tangkap polisi adat karena berkeliaran di jalan.

Bali memiliki 4 aturan saat Nyepi. Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), Amati Geni (tidak menyalakan api) dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang). Selain itu, berikut hal-hal penting yang harus juga Anda perhatikan saat Nyepi berlangsung :

  • Jangan  berkeliaran saat hari raya berlangsung karena nanti Anda akan di tangkap polisi adat atau pecalang yang bertugas.
  • Tidak ada toko yang beroperasi termasuk bandara kecuali rumah sakit.
  • Jika sakit, Anda cukup menelfon RS dan Anda akan di jemput oleh ambulans.
  • Tidak boleh ada cahaya sedikitpun dari ruangan. Anda bisa menyalakan lampu tapi pastikan dulu cahaya tersebut tidak terlihat dari luar rumah.

Setelah Anda memahami aturan yang berlangsung, Apakah Anda sudah memiliki bayangan apa yang akan Anda lakukan? Jangan sampai Anda tidak memiliki persiapan menjelang esok hari. Masih ada beberapa jam untuk mempersiapkan diri Anda. Berikut tips untuk Anda ;

  • Mulailah dengan menyiapkan apa saja yang akan Anda butuhkan. Bila Anda di hotel pastikan Anda sudah memesan paket lengkap (makan pagi, siang dan malam).
  • Siapkan film-film atau buku-buku menarik untuk menghabiskan waktu.
  • Berkumpul bersama teman-teman Anda. Pastikan Anda sudah berkumpul sebelum jam 6 pagi dan pastikan juga Anda tidak menimbulkan kegaduhan.
  • Siapkan mainan yang bisa Anda pakai bermain bersama teman-teman Anda, contohnya kartu, halma, ular tangga atau monopoli, tapi ingat sekali lagi jangan menimbulkan kegaduhan.
  • Belilah cemilan yang banyak. Siapa tahu Anda akan bosan dalam ruangan Anda. Ini adalah salah satu “obat” terbaik penghilang rasa bosan.

Percayalah Nyepi tidaklah membosankan asal Anda sudah mempersiapkan semua dengan matang. Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah siap menjelang hari raya Nyepi?

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *