20FIT .CO.ID


Great Escape to Pacitan

Great Escape to Pacitan
by

Sudah pernah mendengar Kota Pacitan? Mungkin ketika mendengar Kota Pacitan, Anda langsung teringat mantan Presiden Indonesia ke-6 yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang berasal dari Kota Pacitan. Pacitan adalah sebuah kota kecil di Jawa Timur yang berjarak kurang lebih 110 kilometer dari Kota Jogjakarta. Kota ini menyimpan banyak potensi wisata yang patut kalian explore, mulai dari pantai, sungai, perbukitan, dan tentunya goa, karena Pacitan juga dijuluki kota 1001 Goa.

Tapi kali ini kita akan membahas beberapa Pantai dan Sungai di Pacitan. Yang pertama saya kunjungi adalah Pantai Klayar (Anda dapat melihatnya pada cover foto di atas). Pantai yang terletak di Desa Sendang ini booming karena kedatangan Pak SBY yang kala itu masih menjadi Presiden Indonesia. Keindahan Pantai Klayar lebih sempurna dengan adanya ‘seruling samudra’ dan karang-karang yang menyerupai sphinx. Diantara karang-karang ini juga terdapat karang raksasa yang mirip di Tanah Lot, maka tak heran jika pantai ini disebut Tanah Lot Pacitan, Jawa Timur.

Selanjutnya ada spot untuk rivering di Sungai Maron, letaknya sejalur dengan Pantai Klayar. Disungai ini anda harus merogoh kocek sekitar Rp. 75.000 untuk menyewa perahu motor berkapasitas 5 sampai 6 orang yang nantinya anda akan diajak menyusuri sungai Maron untuk menuju ke Muara sungai yang terletak di Pantai Ngiroboyo.

20160210015140

Pantai selanjutnya yaitu ada sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Pringkuku, yaitu Pantai Srau. Akses ke Pantai ini sangat mudah, banyak penunjuk arah yang sudah terpasang dibeberapa titik. Namun jika sudah mendekati Pantai Srau, jalanan agak sempit, berbukit, dan berbelok-belok. Tidak ada angkutan umum yang menuju pantai ini, jadi bagi yang ingin ke Pantai Srau bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa ojek. Setelah sampai di Pantai Srau, anda bisa ke beberapa bibir pantai, disini ada 4 bibir pantai yang bisa kalian gunakan untuk bersantai-santai. Di pantai ini tidak ada fasilitas hotel atau penginapan, jadi banyak pengunjung yang mendirikan tenda camping di sekitar Pantai.

20160210015220

Di sore hari rasanya tidak lengkap kalau tidak menikmati sunset. Pacitan juga memiliki spot sunset yang bagus, letaknya di Pantai Watu Karung. Pantai Watu Karung ini juga dikenal oleh wisatawan mancanegara, terutama para peselancar, karena memiliki ombak yang cukup baik untuk surfing. Sebelum matahari benar-benar tenggelam, kita bisa menikmati Pantai Watu Karung dengan mendaki sebuah bukit kecil dipinggiran pantai ini.

20160210015207

 

Yeye Sutowo (@kehilanganpassport)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *