20FIT .CO.ID


Mau Jadi Backpacker? Rajin Olahraga Dulu, Dooong….!

Mau Jadi Backpacker? Rajin Olahraga Dulu, Dooong....!
by

yp-blgp05

Libur telah tiba, libur telah tiba…hore…hore…..inilah lirik lagu yang sempat booming sekitar 10 tahun yang lalu. Lagu yang dinyanyikan Tasya ini sering ditampilkan saat-saat menjelang libur sekolah atau libur akhir tahun. Nuansanya bahkan sudah terasa jauh hari sebelum hari H-nya tiba. Rencana mau jalan-jalan ke luar kota bersama keluarga atau teman dekat pun sudah disusun, termasuk juga anggarannya. Meski demikian, biaya perjalanan sebenarnya bisa lebih dihemat kalau para pelancong mau mengurangi kenyamanannya. Misalnya untuk penginapan, lebih memilih losmen ketimbang hotel. Untuk makan, lebih memilih “warteg” daripada restoran. Bahkan lebih memilih jalan kaki ketimbang naik taksi. Turis “paket hemat” seperti ini biasanya disebut dengan istilah: backpaker.

Untuk menjadi seorang backpaker, yang lebih dibutuhkan adalah daya tahan fisik. Berbeda dengan turis yang menggunakan jasa tour travel, yang tentunya sudah mendapatkan fasilitas yang lebih nyaman, backpaker harus mempersiapkan fisiknya agar bisa bertahan di “tanah rantau”. Apalagi kalau memilih liburan di luar negeri, di mana secara kultur dan medan wilayahnya belum dikuasai sama sekali. Jika uang habis, tidak ada yang bisa dimintai pertolongan selain teman seperjalanan. Menghemat adalah cara jitu menikmati negeri orang dengan biaya murah.

Persiapan fisik merupakan syarat utama untuk menjadi seorang backpaker yang handal. Jangan sampai baru tiba di tempat tujuan, Anda sudah merasa kurang fit karena kecapekan selama perjalanan. Untuk itu lakukan persiapan fisik seperti rutin latihan beban. Tips untuk latihan ini adalah dengan melakukan gerakan variasi sehingga tubuh akan terbiasa dengan gerakan-gerakan yang melibatkan banyak otot. Intensitasnya pun bisa juga berbeda-beda antara satu jenis latihan dengan jenis lainnya.
Sebelum latihan, jangan pernah membiarkan perut dalam kondisi kosong. Makan satu jam sebelum latihan sangat direkomendasikan oleh ahli-ahli kebugaran. Nutrisi sangat dibutuhkan dalam membangun otot serta memperbaiki jaringan tubuh yang sudah rusak. Lengkapi juga dengan minum air mineral 8 hingga 9 gelas per hari agar tubuh tidak terhidrasi. Jika Anda merasa pusing saat perjalanan, jangan langsung menyimpulkan bahwa perut sedang kosong. Bisa jadi karena Anda kurang minum.

Dan ingat juga, jangan mentang-mentang waktu libur sudah hampir tiba, lalu Anda terus menerus melakukan training fisik demi mencapai tubuh yang fit saat berwisata nanti. Badan butuh istirahat dan jaringan otot butuh waktu untuk diperbaiki paska latihan. Hindari over-training yang justru malah merugikan diri sendiri. Jangan sampai menjelang liburan tubuh terlihat bugar, namun pas liburan malah terasa pegal dan kelelahan.

Dan terakhir, untuk mendapatkan hasil optimal, ada baiknya Anda meminta bantuan personal trainer agar bisa disiapkan menu latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh. Pilihlah trainer yang bersertifikat, bukan sekedar “penjaga tempat fitness”.  Jika sebelumnya awam terhadap latihan kebugaran, bisa minta pelatih tersebut memperkenalkan jenis excersise yang bisa membuat otot tubuh merata dan seimbang.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *