20FIT .CO.ID


Mau Bugar Saat Liburan? Perhatikan Tiga Hal Ini!

Mau Bugar Saat Liburan? Perhatikan Tiga Hal Ini!
by

Siapa yang ingin liburannya diganggu gara-gara tubuh mendadak demam, hidung mendadak pilek, tenggorokan mendadak radang atau kepala mendadak pusing? Tentu saja ini adalah kejadian yang menyebalkan. Seharusnya bisa bersenang-senang malah tidak bisa menikmati nuansa baru di tempat wisata. Apalagi kalau pergi bersama teman-teman, saat mereka senang-senang, si Sakit hanya duduk merenung di kamar hotel sambil menonton TV. Tentu tidak ingin kejadian ini menimpa Anda, bukan?

Untuk mencegahnya, maka tubuh haruslah dalam kondisi bugar. Bugar sering dipersepsikan sebagai bagian dari ukuran tubuh. Mereka yang langsing dianggap bugar dan yang gemuk dianggap tidak fit. Padahal kebugaran itu tidak ada hubungannya dengan kurus gendut, tinggi pendek atau ukuran fisik lainnya. Bugar adalah kondisi tubuh dan pikiran yang sehat. Salah satu ciri ketidakbugaran adalah apabila kita sering merasakan capek padahal tidak ada aktifitas fisik yang terlalu diporsir. Sering mengalami gangguan kesehatan seperti pusing dan sakit perut. Lebih jauh lagi, penyakit sering kambuh seperti hipertensi dan diabetes.

Untuk mengkondisikan tubuh agar selalu sehat dan segar, maka latihan kebugaran adalah salah satu cara yang paling jitu. Namun sebelumnya, hal pertama adalah perhatikan dulu gaya hidup Anda. Mau latihan sesering apapun kalau gaya hidupnya tidak sehat, ya hasilnya pun tidak maksimal. Misalnya, apakah Anda sering begadang? Sekalipun Anda seorang workacholic, hindari bekerja sampai larut malam karena begadang adalah cara paling bagus untuk membuat tubuh tidak bugar. Apalagi kalau sambil merokok dan minum kopi demi agar tidak ketiduran.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah seberapa sering Anda tertawa dalam satu hari. Makin jarang tertawa, maka tingkat stress Anda bisa menjadi lebih tinggi. Cobalah menonton tayangan-tayangan video yang lucu. Atau bertemanlah dengan orang yang hobi becanda. Jika lingkungan kerja Anda adalah lingkungan yang serius dan bermuka “tegang” semua, ada baiknya Anda seimbangkan dengan bergaul bersama teman yang lucu. Tertawakan hal-hal kecil dalam hidup ini karena tertawa adalah kunci untuk hidup sehat dan bugar.

Ketiga, perhatikan nutrisi makanan Anda. Seberapa sering Anda mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan? Ingat, banyak sekali orang yang memang tidak suka sayur dan buah. Jika Anda termasuk di dalamnya, maka mulai sekarang cobalah bersahabat dengan sayur dan buah. Makan buah sebelum makan nasi lebih menyehatkan ketimbang sebaliknya. Buah akan mudah dicerna oleh tubuh, sedangkan nasi membutuhkan waktu yang lebih lama. Kalau buah dimakan setelahnya, maka proses pembusukan itu akan lebih lama dan mengakibatkan tubuh tidak optimal menyerap nutrisinya. Dan sangat direkomendasikan untuk meninggalkan fast food alias makanan cepat saji karena dari sisi higienis dan kematangannya patut dipertanyakan.

Jika gaya hidup, stress dan nutrisi sudah bisa dikendalikan, maka langkah selanjutnya adalah rutin latihan kebugaran. Karena pada prinsipnya tubuh akan bugar bergantung dari gaya hidup seseorang. Sedangkan latihan fisik hanyalah faktor penunjang.

Selamat latihan dan selamat liburan!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *