20FIT .CO.ID


Jaga Kesehatan Tubuhmu di Tempat Kerja!

Jaga Kesehatan Tubuhmu di Tempat Kerja!
by

Bagi para pekerja kantoran, lokasi kantor adalah tempat di mana kita menghabiskan waktu paling banyak dalam sehari, apalagi di saat kerjaan mengharuskan kita untuk lembur. Meskipun demikian, kesibukan selama delapan jam penuh atau lebih di tempat kerja nggak boleh dijadikan alasan untuk nggak bisa menerapkan pola hidup sehat.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh di tempat kerja:

Jaga kebersihan di meja kerja

Tahukah kamu, meja kerja bisa mengandung seratus kali lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet! Karena itu, rajin-rajinlah merapikan meja setiap kamu akan pulang kerja. Jangan lupa simpan lap dan cairan pembersih di laci meja kerja kamu.

Minum banyak air putih

Banyak minum air putih akan membuat kamu tetap terhidrasi dan meningkatkan sirkulasi darah dalam badan. Alhasil kamu juga akan lebih konsentrasi dalam bekerja.

Makan teratur dan sehat

Sesibuk apapun kamu nggak boleh melewatkan makan siang (dan makan malam apabila lembur). Lebih baik pulang lebih telat sedikit daripada kamu nggak makan sama sekali seharian penuh. Pastikan kamu mengonsumsi protein dan serat dari sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Istirahat sejenak

Kurang tidur, kecapaian, dan stres dapat membuat kamu jadi kurang konsentrasi. Karena itu, luangkan waktu sejenak untuk power nap selama 10-15 menit agar pikiran kembali segar.

Gerakkan badan

Terlalu lama duduk dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kegemukan dan kelainan metabolik, misalnya tekanan darah tinggi, kelebihan lemak di sekitar pinggang dan lainnya. Jadi, kurangi jam duduk di kantor dengan berjalan-jalan sejenak setiap dua jam sekali, atau sempatkan waktu untuk berdiri saat melakukan kegiatan seperti mengangkat telepon atau berdiskusi.

 

Jangan prioritaskan kesehatan tubuhmu di bawah kerjaan ya. Bagaimanapun juga kalau tubuh sehat maka kita akan lebih lancar beraktivitas!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *