20FIT .CO.ID


Apakah Anda Pekerja dengan Gaya Hidup Tak Sehat?

Apakah Anda Pekerja dengan Gaya Hidup Tak Sehat?
by

Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk urusan kantor? Seberapa sering Anda berolahraga? Apakah Anda sarapan secara teratur? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan sederhana ini adalah tolok ukur kesehatan gaya hidup Anda.

Salah satu alasan utama kita tak menjalankan gaya hidup sehat adalah kesibukan. Namun, terbatasnya waktu tak bisa sepenuhnya dijadikan alasan untuk tidak merawat diri. Ada banyak hal yang dapat dilakukan agar kegiatan sehari-hari Anda lebih efektif dan membuat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menjalankan gaya hidup yang lebih sehat.

Salah satu alasan utama kita tak menjalankan gaya hidup sehat adalah kesibukan. Bagaimana tidak? Berdasarkan survei Jakarta Professional Health Index 2015, sebagian pekerja Indonesia menghabiskan 2-4 jam per hari di perjalanan ditambah lebih dari 10 jam bekerja di kantor. Akibatnya, kita mungkin jadi melewatkan sarapan, tak sempat berolahraga, hingga mengalami stres akibat waktu yang terbatas – entah karena macet di jalan atau beban pekerjaan.

Namun, terbatasnya waktu tak bisa sepenuhnya dijadikan alasan untuk tidak merawat diri. Ada banyak hal yang dapat dilakukan lho agar kegiatan sehari-hari Anda lebih efektif dan memiliki lebih banyak waktu untuk merawat diri. Nah, baik di kantor maupun di rumah, ini yang bisa dilakukan untuk membuat Anda menjadi pekerja dengan gaya hidup sehat:

1. Mulailah dengan memfokuskan tekad Anda untuk memperbaiki pola makan, memperbanyak aktivitas yang menyehatkan, menyediakan waktu untuk beristirahat, berada di lingkungan yang sehat, dan menghindari stres. Hanya dengan adanya tekad, Anda dapat lebih mudah berusaha mencapai gaya hidup sehat.

2. Di kantor: Daripada membeli makanan sembarangan di luar, lebih baik membawa bekal sehat dari rumah yang lebih ramah kantong dan badan untuk makan siang. Membawa bekal untuk sarapan juga dapat mempermudah Anda makan pagi di kantor jika tak sempat sarapan di rumah.

3. Di kantor: Daripada duduk seharian yang tak baik untuk kesehatan, lebih baik selingi dengan berdiri, bergerak, dan stretching setiap setengah jam.

4. Di rumah: Untuk aktivitas fisik, direkomendasikan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu. Artinya, Anda hanya perlu berolahraga selama setengah jam lima kali seminggu, yang dapat dilakukan dengan sekadar berjalan kaki atau bersepeda.

5. Di rumah: Sediakan waktu untuk tidur sekitar 4-6 jam setiap hari agar Anda memiliki cukup energi untuk beraktivitas secara produktif.

Yuk, jadi pekerja dengan gaya hidup sehat!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *