20FIT .CO.ID


World Health Day – Beat Diabetes

World Health Day - Beat Diabetes
by

Hari ini seluruh dunia memperingati World Health Day atau Hari Kesehatan Sedunia. Pada tahun 2016 ini , WHO mengangkat tema “Beat Diabetes” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit dan pencegahan diabetes.

Menurut data WHO pada tahun 2012, 1,5 juta orang meninggal akibat penyakit ini, selain itu WHO memprediksikan diabetes akan menjadi penyakit nomor 7 yang menyebabkan kematian di tahun 2030. Perwakilan WHO South-East Asia Regional Office (WHO SEARO), Sharad Adikary, mengatakan saat ini, diabetes melitus merupakan penyakit kronis dengan beban tinggi. Penyakit ini bahkan disebut sebagai epidemi global yang menghantam negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Dalam konferensi pers Selasa kemarin di Hotel Bidakara Jakarta, Adikary juga mengatakan bahwa lebih dari 3,7 juta kematian akibat penyakit ini di seluruh dunia, lebih dari satu perempatnya terjadi di Asia Tenggara. Selain itu, hampir separuh dari 96 juta penyandang penyakit ini di seluruh dunia tak mengetahui bahwa mereka terkena diabetes.

Penyakit diabetes terdiri dari 3 tipe, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Penyakit diabetes tipe 1 terjadi karena kurangnya produksi insulin akibat autoimun atau genetik. Sedangkan penyakit tipe 2 terjadi karena resisten insulin dalam tubuh akibat penerapan gaya hidup tidak sehat. Diabetes gestasional terjadi ketika kehamilan namun dapat bersifat menetap jika tidak dikontrol dengan gaya hidup sehat.

Penyakit diabetes tipe 1 tidak dapat di cegah namun kita dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes 2 dan diabetes getasional. Berikut 3 hal utama yang perlu Anda perhatikan dalam mencegah penyakit diabetes :

  • Mencapai dan mempertahankan berat badan ideal dengan konsumsi makanan yang seimbang.

Sebelumnya, coba Anda cek berat badan Anda apakah sudah seimbang atau belum Cara mengetahuinya yaitu dengan rumus berikut :

Berat ideal = ( Tinggi badan – 100 ) X 90%

Untuk metode penghitungan cara ini, apabila anda memiliki berat badan yang lebih besar dari 10 hingga 20 persen, dari seharusnya berat badan ideal anda maka anda dapat dikatakan kelebihan berat badan. Namun jika berat yang anda punya adalah melebihi angka 20 persen dari berat ideal maka mulailah memperhatikan asupan makanan Anda karena anda termasuk golongan obesitas atau kegemukan.

Rajin melakukan aktifitas sangat membantu Anda untuk membuang kalori dalam tubuh. Apabila Anda termasuk golongan orang yang memiliki berat badan tubuh yang tidak ideal atau berlebih Anda harus lebih rutin melakukan pembakaran kalori di banding yang memiliki berat badan normal. Eating less, moving more.

  • Mengurangi asupan gula dan lemak jenuh.

Hindari mengonsumsi gula dan lemak jenuh. Mengonsumsi secara berlebih tidak hanya akan memicu penyakit obesitas tapi akan berdampak pada kesehatan lainnya seperti Jantung, Kanker dan lain sebagainya.

Tingginya angka obesitas serta kurangnya waktu yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas fisik berperan besar dalam meningkatkan risiko Anda terserang diabetes. World Health Day mengingatkan kembali kepada Anda untuk kembali memiliki kesadaran yang tinggi untuk memberantas penyakit ini, mari mulai dari sekarang. Selamat Hari Kesehatan Sedunia. Stay Healthy!

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *