20FIT .CO.ID


Tips Bugar Orang Swedia: Rajin Konsumsi Ikan Tuna dan Jamur

Tips Bugar Orang Swedia: Rajin Konsumsi Ikan Tuna dan Jamur
by

Konsumsi makanan sehat membuat orang-orang Swedia menjadi orang paling sehat di Eropa.​ ​Tak hanya berumur panjang, orang Swedia juga hidup lebih sehat dengan ​pilihan makanannya​.

Daripada menghindari makanan, orang Swedia lebih memilih untuk makan dengan pola sehat.​ Ahli gizi yang bekerja di aplikasi kesehatan dan kebugaran Scandinavia, Frida Harju, punya beberapa daftar makanan yang sering dikonsumsi orang Swedia setiap hari agar tetap bugar yang dilansir dalam Daily Mail(24/11).

1. Sayuran
Sayuran hijau tinggi akan vitamin dan mineral, terutama vitamin C, B dan A.
Anda dapat menikmati salad sayuran segar ataupun dalam bentuk smoothies. Cara ini dapat membantu tingkatkan asupan serat dan juga energi.

2. Susu
Susu kaya akan protein yang mengandung whey protein kasein dan kalsium juga ditemukan dalam produk susu juga baik untuk tulang dalam tubuh. Jika ingin makan lebih sedikit laktosa, ​pi​lih​lah​ keju cottage atau yoghurt.

“Taburkan beberapa biji chia pada yoghurt, untuk meningkatkan protein ekstra dan pilih yoghurt jika Anda alami toleransi laktosa. Protein kedelai lebih rendah lemak sehingga bisa untuk jaga kesehatan jantung Anda,” tambah Frida.

3. Ikan
Ikan jadi salah satu lauk yang wajib dikonsumsi. “Ikan merupakan sumber protein, zat besi dan vitamin B12. Ikan tuna rendah kalori dan menjadi sumber baik dari asam lemak omega 3 yang diperlukan misalnya untuk otak yang sehat dan fungsi jantung,” jelas Frida.

4. Ayam
Daging ayam mengandung zinc dan vitamin B6 yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung. Terlepas dari kandungan protein, daging ayam juga mengandung kalsium yang dapat membantu kuatkan tulang. Dan ada juga magnesium yang dapat membantu atasi gejala PMS dan mengatur perubahan mood.

5. Telur
“Telur mengandung B2, B12, A dan E yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku,” tutur Frida. Menurut Medical News Today, lutein ditemukan dalam kuning telur. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

Selain itu, kuning telur adalah sumber zat besi yang baik yang dapat membantu untuk mengurangi kelelahan dan sakit kepala. Sama seperti sayuran hijau, telur juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga mata sehat dan dapat membantu meningkatkan kesehatan lensa. Kolin merupakan nutrisi lain yang kita temukan dalam telur dan yang penting untuk perkembangan otak dan fungsi.

6. Jamur
Jamur merupakan sumber antioksidan, mengandung polifenol dan selenium serta ergothioneine, yang termasuk dalam jenis antioksidan. Jamur juga tinggi akan protein tetapi juga rendah lemak. Sehingga cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin tetap bugar tanpa berat badan bertambah.

7. Kopi hitam
Jika konsumsi dalam jumlah normal, kopi dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak karena kandungan kafeinnya. Menurut Frida, kopi hitam merupakan pilihan yang cocok untuk menurunkan berat badan. Karena jumlah kalori yang rendah dan kemampuannya dapat mempercepat metabolisme tubuh.

Penults: Lusiana Mustinda via detik

Share

Comments

comments

Comments

  1. usually takes only few minutes in order to apply and seconds present that perfect smile you may have often preferred.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *