20FIT .CO.ID


Terapkan 9 Cara Sederhana ini Agar Tetap Langsing

Terapkan 9 Cara Sederhana ini Agar Tetap Langsing
by

Banyak orang menganggap bahwa siapapun yang makannya banyak sudah pasti punya tubuh bengkak. Padahal sebenarnya anggapan itu tidak selalu benar asalkan Anda menerapkan 9 tips ini.

1. Makanlah sesering mungkin namun dalam porsi kecil

Banyak orang mengira diet yang efektif adalah dengan memangkas jatah makan. Pemahaman bahwa semakin sedikit orang makan maka akan kurus ini ternyata salah. Karena pada faktanya ketika tiba saatnya makan kita dapat makan dengan porsi “setan”. Karena itu bagi mereka yang ingin kurus justru disarankan lebih sering makan. Kalau biasanya Anda hanya makan tiga kali sehari, saat diet tambahlah menjadi lima kali sehari. Namun perlu diingat bahwa porsi tiap kali makan harus lebih sedikit. Makan lebih sering akan membantu kadar gula darah tetap normal, karbohidrat terserap sempurna, serta menjaga metabolisme tubuh yang membuat berat badan tetap terjaga.

2. Biasakan mengonsumsi teh hijau

Khasiat teh hijau untuk kesehatan mungkin sudah banyak Anda ketahui. Selain untuk mempercantik kulit, teh hijau juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, kandungan Epilgallocatechin Gallate (ECGC) dalam teh membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Tidak hanya membakar lemak saja, teh hijau juga berkhasiat mengurangi nafsu makan.

3. Kunyah makanan sampai halus

Kekeliruan pola makan yang bisa saja tidak disadari adalah aturan saat mengunyah makanan. Meski tahu bahwa idealnya kita mengunyah makanan sebanyak 32 kali, hanya sebagian kecil orang yang mempraktekannya. Akibatnya sistem pencernaan harus bekerja keras dan mengakibatkan gangguan kesehatan. Lebih jauh makanan yang tidak dikunyah secara sempurna dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

Saat Anda tidak mengunyah makanan secara baik ada lebih banyak kandungan kalori yang tak terserap tubuh di mana sisanya akan menumpuk jadi lemak. Selain itu mengunyah makanan perlahan dapat membantu otak menerima informasi saat perut sudah merasa kenyang. Kesempatan otak untuk menerima informasi itu tidak akan terpenuhi jika Anda makan terlalu cepat.

4. Sering-seringlah jalan kaki

Cara keempat tetap kurus meski makan banyak adalah cobalah sesering mungkin jalan kaki. Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga ringan yang terbukti ampuh menurunkan berat badan. Menurut penelitian, berjalan kaki santai selama 30 menit dalam sehari dapat membakar 75 kalori. Apabila Anda menambah kecepatan dan durasinya tentu akan makin besar pula kalori yang dibakar.

5. Minum dua gelas air mineral sebelum makan

Tips kelima yang harus Anda patuhi adalah minum air mineral sebelum makan. Berdasarkan penelitian, orang yang minum dua gelas air mineral sebelum makan memiliki kesempatan menghilangkan berat badannya daripada mereka yang tidak. Selain karena air mineral memang melarutkan lemak dalam tubuh, rasa kenyang setelah minum membuat orang makan dalam porsi lebih sedikit.

6. Tidak memakan goreng-gorengan

Tidak dapat dipungkiri kalau makanan berminyak adalah sumber lemak berbahaya bagi tubuh. Bukan cuma merusak kesehatan saja makanan berminyak juga dapat menyebabkan naiknya berat badan. Karenanya jika tidak ingin hal tersebut terjadi Anda harus membatasi asupan makanan yang digoreng. Sebagai gantinya konsumsi makanan yang proses masaknya dikukus ataupun di rebus.

7. Jangan lewatkan sarapan

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa dengan melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan. Padahal anggapan ini jelas salah karena ketika tidak sarapan biasanya saat makan siang kita cenderung lebih rakus. Karenanya menurut para ahli kita disarankan untuk selalu sarapan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

8. Ganti camilan Anda dengan buah atau kacang-kacangan

Kalau biasanya Anda makan camilan gorengan atau kue manis kini saatnya menyingkirkan makanan tersebut. Seperti kita ketahui kandungan minyak dan gula pada dua jenis makanan tersebut jelas akan menggagalkan niat Anda tetap kurus. Nah sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi camilan sehat seperti buah atau kacang-kacangan misalnya almond agar hasrat mengemil tetap terpenuhi.

9. Olahraga secara teratur

Selain jalan kaki Anda juga harus melakukan olahraga secara teratur. Tujuannya adalah untuk membuat tubuh bugar dan yang terpenting tubuh bisa membakar kalori yang masuk. Menurut jurnal penelitian Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism dalam seminggu idealnya seorang manusia melakukan olahraga selama 150 menit agar tetap bugar dan berat badan berada pada angka normal.

Semoga sembilan tips di atas dapat menghilangkan kekhawatiran Anda akan kegemukan karena makanan.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *