20FIT .CO.ID


Stress, Pengen Diet Tapi Lapar Terus? 12 Camilan ini Cocok Buat Anda!

Stress, Pengen Diet Tapi Lapar Terus? 12 Camilan ini Cocok Buat Anda!
by

Ngemil boleh saja, tapi jangan sampai asal ngemil.

Saat stress tubuh dan pikiran Anda seakan-akan mengarahkan Anda untuk makan  tiada henti. Tidak ada salahnya juga karena disaat Anda makan perasaan yang Anda rasakan adalah rasa lega (read : stress berkurang). Tapi ini akan menjadi masalah apabila Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Berikut camilan yang bisa Anda konsumsi saat Anda stress. Mengapa? Camilan ini selain sehat dapat mengurangi stress Anda.

1. Sayuran hijau berdaun

Sayuran hijau yang memiliki daun seperti bayam dan asparagus kaya akan folat, yang dapat membantu memproduksi serotonin dan dopamin. Kedua neurotransmitter ini dapat membuat mood kamu lebih baik.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin B yang dikenal dapat membantu melawan stress. Hal ini dikarenakan salah satu faktor dari kecemasan adalah kekurangan vitamin B.  Selain itu, alpukat juga kaya akan potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. Neat!

3. Pisang

Kegunaannya sama dengan alpukat.

4. Oatmeal

Karbohidrat dapat memproduksi serotonin, sebuah substansi yang biasanya diregulasi oleh obat-obat antidepresan. Oatmeal dapat menjadi pilihan yang baik karena terdiri dari karbohidrat kompleks.

5. Kacang mente

Bosan sama buah dan sayur? Kacang bisa jadi pilihan lain! Kacang mente adalah sumber zinc yang baik. Tingkat zinc yang rendah dalam tubuh terkait dengan kecemasan dan depresi. Tubuh kita tidak punya kemampuan menyimpan zinc, jadi penting untuk memiliki asupan yang baik setiap harinya.

6. Yogurt

Ini juga enak dan sehat. Berdasarkan penelitian dari UCLA, probiotik dalam yogurt dapat membantu mengurangi aktivitas otak yang terkait dengan emosi, termasuk stres.

7. Susu

Segelas susu hangat ssebelum tidur dapat menyembuhkan insomnia dan ketegangan. Susu juga kaya akan antioksidan, vitamin B2 dan B12, dan potasium lho! Pada akhirnya, susu juga membantu menurunkan tekanan darah dan kejang otot karena ketegangan.

8. Teh

Teh mengandung flavonoid yang dapat membantu memperbaiki mood kamu. Selain itu, beberapa teh juga memiliki berbagai manfaat khusus yang terkait dengan stress:  seperti teh chamomile yang dapat membantumu tidur, dsb.

9.  Dark Chocolate

Ini juga kaya akan flavonoid yang berteman dengan neurotransmitter serotonin kamu.  Tapi jangan banyak-banyak ya, nanti kamu malah jadi stres karena menggemuk.

10. Bawang putih

Nggak langsung bermanfaat pada stres, tapi bawang putih membantu menaikkan sistem imun kita ketika stres menghancurkannya. Jadi, diimbangi dengan bawang putih ya. Garlic bread enak, tuh.

11. Salmon

Mengandung asam lemak omega-3 yang membantu melawan efek negatif dari hormon stres.

12. Jeruk

Di-jus atau tidak, buah kaya vitamin C ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melawan hormon kortisol penyebab stres. Hidup jeruk!

Sudah tahu kan, sekarang? Nah, mulai sekarang makan dengan bijaksana ya selama menghadapi stress.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *