20FIT .CO.ID


Seminggu Lagi Liburan? Segera Lakukan Dua Hal ini!

Seminggu Lagi Liburan? Segera Lakukan Dua Hal ini!
by

Sudah merencanakan liburan tapi jam kerja di kantor tidak membuat Anda sempat berolahraga buat mempersiapkan fisik? Jangan khawatir! Meski “deadline” jalan-jalan ke luar kotanya sudah mepet, misalnya tinggal tujuh hari lagi, Anda masih bisa mempersiapkan fisik supaya libur nanti tidak diganggu dengan kondisi tubuh yang drop atau mendadak sakit. Dua hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan jantung yang kuat sekaligus otot yang prima (tanpa harus terlihat seperti binaragawan, tentunya) adalah berlari dan bersepeda.

Berlari, baik marathon maupun jogging, adalah olahraga aerobik yang melibatkan gerakan memompa lengan sekaligus mengayunkan kaki secara bersamaan. Gerakan ini bisa memicu pembakaran lemak yang cukup efektif. Tidak heran bagi mereka yang sedang menjalani program “pengurusan badan”, berlari adalah menu wajib yang harus dilakoni setiap hari. Menurut Hirofumi Tanaka dari Cardiovascular Aging Research Laboratory dari University of Texas, Austin, berlari bisa membakar lemak yang lebih banyak daripada olahraga lain. Menurut perhitungan yang dilakukan oleh American College of Sports Medicine, seseorang yang memiliki bobot 75 kilogram dan berlari selama empat menit bisa membakar hingga 1000 kalori. Jadi, selain menyehatkan dan memperkuat fungsi jantung yang nantinya bermanfaat saat Anda berlibur, lari pun bisa membuat tubuh tampil lebih proporsional.

Selain lari, bersepeda adalah cara lain untuk memperkuat tubuh saat liburan yang akan membutuhkan daya tahan fisik lebih besar ketimbang hari-hari biasa. Bagi mereka yang biasa bersepeda tiap hari ke tempat kerja (bike to work), tentu sangat membantu. Namun bagi yang tidak terbiasa, ada baiknya segera bersepeda demi mempersiapkan tubuh agar tetap bugar. Bedanya dengan lari, bersepeda dengan kecepatan 35 hingga 40 kilometer per jam bisa membakar tubuh 850 kalori, lebih sedikit dibandingkan lari. Namun kelebihan sepeda, saat dilakukan bersama komunitas, nuansa fun-nya lebih terasa apalagi kalau mengekspedisi hingga daerah-daerah yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan biasa. Sambil berolahraga, sambil menikmati pemandangan, sambil kongkow bersama teman sehobi.

Namun perlu diketahui pula bahwa berlari memiliki resiko cedera yang lebih tinggi daripada bersepeda meskipun lebih efektif dalam membakar lemak. Sebab berlari bisa mengakibatkan tekanan yang besar terhadap sendi dan dalam jangka pendek bisa membuat cedera. Sementara bersepada justru sebaliknya, tidak berakibat tekanan pada sendi sehingga membuatnya lebih mudah dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Para orang tua atau mereka yang bermasalah dengan lututnya direkomendasikan untuk latihan sepeda dibandingkan jogging karena aman untuk sendi-sendinya.

Terlepas dari kelebihan dari kekurangannya, berlari dan bersepeda bisa membantu mempersiapkan fisik menjadi lebih prima. So, pilihlah salah satunya, lakukan secara optimal di detik-detik terakhir menjelang liburan, and…. enjoy your holiday!

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *