20FIT .CO.ID


Menjaga Badan Tetap Bugar Untuk Anda Yang Kurang Tidur

Menjaga Badan Tetap Bugar Untuk Anda Yang Kurang Tidur
by

Liburan membuat orang lupa untuk istirahat. Keinginan untuk terus mengeksplor tempat-tempat wisata yang menarik, menikmati kuliner yang unik, menjelajah situs-situs sejarah, terkadang membuat waktu 24 jam tidak terasa cukup. Badan serasa fully charged, tidak merasa lelah. Tenaga selalu saja dalam kondisi prima. Meski terkadang suka istirahat karena pegal, tapi setelah itu cepat pulih dan kembali “amnesia” terhadap kondisi tubuh.

Benarkah badan Anda tidak merasa capek sedikut pun? Sebenarnya tidak. Tubuh, biar bagaimanapun tetap memiliki keterbatasan. Namun hati yang excited terhadap sesuatu yang baru membuat Anda “lupa” dengan keterbatasan tersebut. Otak lebih fokus untuk melihat hal-hal yang menyenangkan di temapt wisata ketimbang memikirkan badan yang sudah kelelahan. Namun hati-hati, jika tidak diperhatikan secara serius alias Anda terlalu bersemangat jalan-jalannya, bukan tidak mungkin di hari kedua atau ketiga Anda jatuh sakit.

Oleh karena itu, demi menjaga kondisi tetap fit meski kurang tidur, lakukanlah hal-hal berikut ini:

food-plate-healthy-coffee-largeSarapan

Anda boleh saja selalu senang sepanjang hari ketika berlibur sehingga Anda tidak selalu butuh makan atau merasa kenyang untuk sarapan. Saran kami, tetaplah makan pagi saat bangun dari tidur. Beberapa orang memang tidak terbiasa sarapan, namun khusus di waktu berlibur lebih baik Anda tetap nyarap. Para ilmuwan menyebutkan bahwa makan satu jam setelah bangun tidur dapat meningkatkan fokus dan stamina. Pilih menu-menu yang kaya protein dan biji-bijian. HIndari menu yang mengandung terlalu banyak gula, apalagi junk food.

 

Hindari minum kopi terlalu pagipexels-photo-large
Meski Anda penggemar kopi, apalagi kalau suka begadang, pastikan untuk tidak minum terlalu pagi. Apalagi begitu bangun tidur tanpa sarapan terlebih dulu langsung menikmati secangkir kopi. Biar bagaimanapun, kopi mengandung zat kafein yang tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Apalagi saat itu Anda sedang travelling ke “negeri orang”.

 

 

nature-sunset-person-woman-mediumNikmati sinar matahari pagi

Panas matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat bagus untuk tubuh. Anda membutuhkan asupan vitamin yang cukup selama berlibur di daerah wisata. Jangan malas untuk bangun pagi dan menikmati segarnya udara. Ketika Anda sudah bisa merasakan hangatnya matahari setiap pagi, maka tubuh tetap akan terasa fit dan segar sekalipun kurang tidur.

 

Minum air putihdrink-lunch-glass-blur-medium

Ini rumus sehat yang sudah standard. Saat aktifitas tubuh meningkat, maka dehidrasi bisa tidak terhindari kalau tidak segera diisi dengan air putih. Efek dari kurangnya asupan air adalah pusing atau sakit kepala. Anda bisa mengira bahwa Anda lapar atau lelah, padahal bisa jadi sebenarnya karena kurang minum. Maka jangan tinggalkan minum dua liter per hari demi mendapatkan kondisi tubuh yang tetap prima.

Cara-cara di atas bisa diterapkan selama Anda berlibur. Silahkan menikmati berbagai panorama di tempat tujuan wisata, dan jangan lupa untuk selalu menjaga badan agar selalu dalam keadaan fit.

Share

Comments

comments

Comments

  1. […] terdapat beberapa tips kesehatan yang dapat membantu Anda terbebas dan terhindar dari keadaan kurang tidur. Yuk, baca tips di bawah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *