20FIT .CO.ID


Mengenal Pola Hidup Sehat

Mengenal Pola Hidup Sehat
by

Pola hidup sehat sebenarnya sama dengan pola hidup tidak sehat dari sisi cara menikmati menu. Sebelum membahas yang sehat,  bagaimana pola hidup yang tidak sehat itu? Misalnya, bangun pagi Anda minum sirop, lalu dilanjutkan dengan ngemil coklat, kemudian jam sepuluh pagi lanjut dengan makan nasi goreng, siangnya mengunyah sop buntut, sore beli gorengan, malam masih kenyang gorengan dan baru makan lagi jam sembilan, itu pun makan chiki sebagai pengganjal perut. Kalau haus beli teh kemasan, atau terkadang minum air putih satu botol. Olahraga? Kalau hari Minggu saja, itu pun cuma jogging 30 menit. Terkadang ikut fitness juga di pusat kebugaran meski lebih sering absennya. Tidur juga tidak tentu karena suka nonton film dan pertandingan sepak bola sampai jam tiga pagi.

Efeknya, dalam jangka panjang, beberapa penyakit “elit” seperti kolestrol, diabetes, asam urat akan bersemayam dalam badan kita. Memang nikmat saat makan makanannya tersebut. Namun biasanya, menu masakan yang dilarang dokter itu memang lezat-lezat dan mengundang selera. Itulah sebabnya kalau Anda pumya dokter pribadi, ia akan sering memarahi Anda karena melanggar aturan pola makan.

Lalu apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat itu? Karena penyakit itu ditimbulkan dari kebiasaan yang terjadi berulang-ulang setiap hari, maka kesehatan pun juga demikian. Ceklah aktiftas harian Anda mulai dari bangun sampai tidur lagi. Kalau waktu kerja Anda lebih banyak berada di depan komputer sambil duduk, maka minimal dua hari sekali Anda harus berolahraga untuk mengencangkan otot. Jika ruangan Anda berada di lantai atas, lebih baik memilih naik tangga daripada eskalator. Para pakar kesehatan juga merekomendasikan untuk olahraga minimal 75 menit per minggu.

Selain itu, kurangi makan camilan atau fast food. Camilan mengandung MSG yang berbahaya untuk tubuh, sedangkan makanan cepat saji bisa membuat tubuh mengkonsumsi sesuatu yang belum matang. Masakan yang belum matang berarti memiliki potensi bakteri hidup yang lebih besar daripada yang benar-benar matang.

Mengurangi, atau bahkan berhenti dari kebiasan merokok adalah cara lain untuk hidup sehat. Tidak hanya itu, bahkan menjauhi orang-orang yang perokok (maksudnya adalah mereka yang hobi merokok tanpa mengindahkan orang lain) juga bagian dari menjaga kesehatan diri. Perokok pasif beresiko lebih besar daripada perokok aktif.

Selain itu, jangan porsir tubuh Anda dengan kerja fisik yang berlebihan. Beberapa pebisnis sukses memang bekerja sampai larut malam dan kembali ke kantor di awal pagi. Namun asupan nutrisi mereka cukup lengkap dan rutin berolahraga. Kalau Anda jarang olahraga dan makan buah serta sayuran, sangat tidak dianjurkan untuk kerja sampai larut malam. Istirahatkanlah tubuh Anda, karena itu bagian dari investasi terhadap kesuksesan karir Anda sendiri.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *