20FIT .CO.ID


Mari Berteman dengan Stress!

Mari Berteman dengan Stress!
by

Ada yang mengatakan bahwa olahraga adalah salah satu cara untuk mengurangi stress. Dengan semakin seringnya kita berolahraga, maka masalah apapun yang dihadapi tidak akan membuat syaraf-syaraf menjadi tegang yang bisa berakibat meningkatnya hormon stress dalam tubuh. Ciri-ciri orang yang terkena stress biasanya adalah uring-uringan, tubuhnya bergerak aktif padahal biasanya cukup tenang, serta susah tidur. Efeknya tentu saja mengganggu kesehatannya. Orang yang stress lebih rentan terhadap penyakit-penyakit ringan seperti demam, flu, batuk dan sebagainya. Namun kalau ia punya penyakit berat seperti kanker atau tumor, stress bisa memicu sel-sel penyakit tersebut untuk lebih agresif.

Bekerja membuat pikiran kita menjadi lebih tegang. Ini pemicu stress. Dengan banyak berolahraga sebenarnya bisa mengurangi potensi tersebut karena hormon akan tersalurkan. Namun apabila Anda sendiri jarang melakukan aktifitas fisik, maka cara lain untuk menguranginya adalah dengan bersabahat dengan stress itu sendiri. Jadi, untuk mengurangi stress, berteman saja dengan stress.

Indira Abidin adalah salah seorang pakar komunikasi terkemuka di Indonesia. Ia divonis memiliki kanker payudara yang stadium menengah. Namun bagaimana akhirnya ia bisa sembuh (dalam arti sel kankernya tidak bergerak) tanpa bantuan alat-alat kedokteran yang canggih? Ternyata ia punya rahasia sederhana, yaitu menganggap kanker sebagai anak di dalam tubuhnya. Ia berkomunikasi dan berdialog dengan penyakitnya. Dan ini menjadi terapi yang luar biasa.

Untuk bisa bersahabat dengan stress, jangan berpikir bahwa hidup Anda akan tenang-tenang saja. Itu tidak realistis. Anda harus percaya bahwa senyaman apapun hidup tetap akan mengalami stress. Kedatangan stress jangan ditolak, terima saja. Semakin ditekan, semakin ditolak, maka Anda akan semakin stress. Lebih baik menerima kondisi dan situasi yang membuat Anda tertekan secara psikologis. Setelah itu, bangun kesadaran bahwa masalah pasti bisa terselesaikan.

Bagaimana terapi menghadapi stress?

Meditasi

Meditasi adalah cara alami untuk menghilangkan ketegangan syaraf. Ini merupakan bahasa lain dari berdoa dan beribadah. Caranya, pikiran dibiarkan mengelana terlebih dulu, jangan berusaha untuk dilawan atau difokuskan. Apapun lintasan-lintasan yang terbersit di dalam kepala biarkan terus bermain-main dalam imajinasi. Hingga pada satu titik, lama kelamaan pikiran itu akan kosong. Dan pada saat itulah Anda bisa melepaskan stress dengan cara berdoa.

Tertawa

Tidak bisa dipungkiri lagi, tertawa adalah obat stress yang paling mujarab. Hebatnya, obat ini tidak perlu ruangan khusus atau hening. Dan untuk mengaksesnya pun mudah, cukup dengan membuka Youtube dan cari film atau tayangan-tayangan lucu. Anda harus banyak-banyak tertawa agar stress bisa lepas. Ingat, yang lepas stressnya, bukan masalahnya. Namun sangat membantu Anda untuk memecahkan masalah.

Teriak dan banting barang

Orang stress biasanya hobi marah-marah, teriak memaki-maki dan bahkan membanting barang. Tentu jangan sampai Anda merusak properti orang lain atau properti sendiri. Carilah ruang yang kosong, barang yang tidak terpakai, dan teriaklah di dalamnya. Dan konon saat ini ada jasa yang menyediakan ruang khusus stress di luar negeri. Sebuah ruangan yang di dalamnya ada sasak, dan juga barang-barang yang bisa dibanting. Cukup unik.

So, kalau tidak mau stress, maka cobalah berteman dengan stress. Sederhana, kan?

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *