20FIT .CO.ID


Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Jiwa

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Jiwa
by

Manfaat olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, namun sekaligus meningkatkan kesehatan jiwa. para ilmuwan telah banyak meneliti manfaat olahraga bagi fungsi otak, dan ini dia hasilnya!

Sebagian besar orang berolahraga karena ingin meningkatkan kesehatan tubuh, membentuk otot, dan membentuk badan. Di luar semua itu, tahukah kamu kalau olahraga juga memiliki manfaat untuk kesehatan jiwa? Selama beberapa abad terakhir, para ilmuwan telah banyak meneliti manfaat olahraga bagi fungsi otak, dan ini dia hasilnya!

1. Mengurangi stres

Habis mengalami hari yang berat di kantor? Coba deh exercise dengan jalan kaki atau olahraga sebentar supaya stres kamu hilang. Berolahraga dapat meningkatkan konsentrasi norepinephrine, senyawa kimia yang dapat mengatur respon otak terhadap stres.

2. Bikin bahagia

Olahraga terbukti dapat merilis endorfin, senyawa kimia yang dapat menciptakan rasa bahagia dan euforia. Banyak dokter merekomendasikan orang-orang yang terkena depresi atau sedang sedih untuk menghabiskan waktu dengan berolahraga.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Pada dasarnya, olahraga fisik dapat meningkatkan rasa percaya diri. Berapapun atau apapun berat badanmu, ukuran baju, jenis kelamin, olahraga dapat meningkatkan persepsi seseorang akan pesona diri sendiri.

4. Mencegah penurunan fungsi kognitif

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi otak kita juga melemah. Kita bisa terkena penyakit degeneratif seperti Alzheimer yang dapat merusak fungsi penting otak. Meskipun olahraga dan pola makan sehat nggak bisa menyembuhkan Alzheimer, aktivitas ini dapat membantu otak melawan penurunan fungsi kognitif yang dimulai sejak usia 45 tahun. Jadi, olahraga rutin sejak kamu berusia 25-45 tahun akan meningkatkan senyawa kimia di otak yang mendukung dan mencegah degenerasi hippocampus, bagian penting di otak yang berperan penting terhadap ingatan dan pembelajaran.

5. Lebih rileks

Bagi sebagian orang, olahraga dapat menjadi pil tidur yang ampuh, bahkan untuk para penderita insomnia. Berolahraga lima atua enam jam sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh. Ketika suhu tubuh kembali normal beberapa jam setelahnya secara otomatis akan menjadi sinyal untuk tubuh bahwa itu adalah saatnya untuk tidur.

 

Nah, #GaPakeAlasan lagi untuk bisa rutin berolahraga kan? Nggak perlu olahraga berjam-jam, karena Studio 20FIT sedang memberikan penawaran FREE TRIAL buat kamu yang baru pertama kali ingin mencoba EMS Training. Promonya sebentar lagi akan berakhir lho. Tunggu apa lagi?

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *