20FIT .CO.ID


Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga
by

Masih ragu untuk minum kopi sebelum berolahraga? Beberapa penelitian memaparkan manfaat kafein dalam kopi apabila dikonsumsi sebelum berolahraga. FIT FIGHTERS bisa simak penjelasan berikut supaya tidak perlu khawatir lagi minum kopi sebelum berolahraga.

Berikut 3 manfaat minum kopi sebelum berolahraga:

1. Meningkatkan performa.

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kafein sebelum latihan dapat meningkatkan performa. Sports Medicine mengungkapkan, kafein berguna untuk membuat ergogenik lebih kuat sehingga atlet bisa memiliki energi yang lebih besar. British Journal of Science Sports mempublikasikan hasil studinya yaitu orang yang minum kopi sebelum berjalan 1500 meter di atas treadmill akan selesai 4,2 detik lebih cepat daripada mereka yang tidak minum kopi.

2. Mempercepat metabolisme

Kadar kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme yang membuat pembakaran kalori lebih banyak. Minum kopi sebelum berolahraga bisa membuat lemak dalam tubuh berguna sebagai sumber energi melawan glikogen. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak dalam tubuh.

3. Mengurangi nyeri otot pasca latihan

Pernah merasakan nyeri pada otot setelah latihan di 20FIT? Rasa nyeri, pegal, kaku pada otot itu dinamakan DOMS (delayed onset muscle soreness). Hasil penelitian dari para ilmuwan di University of Illinois menemukan bahwa mengkonsumsi kopi satu jam sebelum olahraga intensitas tinggi selama 30 menit dapat mengurangi nyeri pada otot. Kafein yang dikonsumsi akan mendorong otot lebih kuat selama berolahraga sehingga ketahanan otot pun menjadi lebih baik.

Baca juga: Nyeri otot pasca latihan EMS

 

luthfi adham – source

 

 

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *