20FIT .CO.ID


Manfaat Granola Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Granola Bagi Kesehatan Tubuh
by

Banyak manfaat granola bagi kesehatan tubuh kita seperti menurunkan kolestrol, melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah anemia, dan menambah energi dalam tubuh.

granola1

Granola adalah tipe makanan yang kaya akan nutrisi dan dapat dikonsumsi sebagai makan pagi dan untuk cemilan. Secara tradisional, granola terdiri dari gandum yang digulung bersama dengan madu, kacang-kacangan, dan padi. Seluruh campuran tersebut dipanggang sampai kering dan renyah sehingga mudah dibawa kemana-kemana sebagai snack penambah energi. Ketika dikonsumsi dirumah, biasanya granola dicampur dengan yogurt, madu, buah-buahan, atau bisa juga dicampur dengan sereal untuk meningkatkan kandungan nutrisi.

5 manfaat granola untuk tubuh

1. Pencernaan
Granola sering dikonsumsi oleh orang yang ingin menambah serat, karena granola mengandung serat larut dan tidak larut. Serat sangat baik karena dapat membantu pencernaan makanan. Ia juga dapat menambah massal untuk pergerakan usus sehingga membuat makanan lebih padat dan mudah melewati saluran pencernaan. Serat larut dalam tubuh baik untuk mencegah konstipasi, sedangkan serat tidak larut dalam tubuh baik untuk mencegah diare.

2. Mengurangi berat badan
Salah satu keunggulannya adalah granola merupakan makanan yang bersifat ringan namun mengenyangkan, dan juga kandungan kolestrol dan sodium yang ada didalamnya sangat rendah. Selain itu, kandungan serat didalam granola dapat mengikat air sehingga kita tidak mudah lapar dan dalam jangka panjang dapat mengurangi berat badan.

3. Menurunkan kolestrol
Kandungan serat larut didalam granola sudah dikenal untuk mengurangi LDL kolestrol yang buruk untuk tubuh dan membantu menyebarkan kandungan kolestrol yang sehat, namun pastikan anda membeli granola dengan kandungan omega-3 yang tinggi.

4. Menambah energi
Granola tidak mengandung banyak gula, tetapi ia mengandung manganese. Manganese adalah kandungan mineral yang penting untuk hati, ginjal, dan aktivitas metabolik. Fungsi metabolik yang baik menandakan tubuh anda dapat bekerja secara efisien.

5. Mencegah anemia
Anemia dapat berdampak buruk untuk tubuh seperti rasa pusing dan apabila dibiarkan dapat menjadi depresi. Granola memiliki sejumlah besar kandungan zat besi yang berguna untuk melawan gejala-gejala anemia. Beberapa granola yang dijual di supermarket dan siap dikonsumsi sudah dilengkapi dengan kandungan zat besi lebih.

source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *