20FIT .CO.ID


Makanan Musuh Kanker

Makanan Musuh Kanker
by

Salah satu metode efektif untuk mencegah sekaligus meminimalkan resiko kanker adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa anti-kanker. Buah-buahan yang berwarna, sayuran hijau dan ikan segar adalah contoh makanan tersebut karena kaya akan komponen antioksidan yang berguna untuk menghambat aktivitas zat prakanker dan kerusakan sel. Dari beberapa kandungan antioksidan  itu, genistein, daidzein, dan flavonoid lah yang memiliki efek paling kuat untuk mencegah kanker. Selain itu, bahan makanan sumber vitamin E dan Selenium juga bermanfaat memangkas resiko kanker. Itu bisa Anda temukan di bayam, kacang almond, cabai, alpukat, kiwi, wortel dan kacang-kacangan lainnya.

Untuk dapat menfaat optimal dalam melawan sel kanker, Anda tak hanya mengonsumsi bahan makanan itu saja, tapi harus membarengi dengan menjalani pola makan dengan gizi yang seimbang. Prinsipnya, sertakan sayur dalam tiga kali jadwal makan Anda, limo porsi buah dalam sehari dan mengonsumsi ikan segar tiga kali seminggu. Tambahkan pula asupan nutrisi dari kacang-kacangan yang tinggi senyawa geneistein dan daidzein.

Sedapat mungkin olahlah makanan Anda dengan cara dikukus atau tumis dengan sedikit minyak. Apabila Anda ingin mengolah dengan cara lain, seperti dibakar, buanglah bagian yang hangus. Atau, bungkuslah bahan makanan dengan daun saat dibakar agar makanan tidak bersentuhan langsung dengan api, untuk meminimalkan proses karbonisasi atau hangus.

Perlu diingat, pencegahan kanker bersifat komprehensif, menyeluruuh. Selain mengonsumsi makanan anti-kanker, Anda pun harus menjaga pola hidup sehat, seperti berhenti merokok, mengurangi mengonsumsi makanan olahan dan berpengawet, menghindari makanan tinggi lemak jenuh, menjauhi makanan tinggi natrium yang mempunyai level N-nitroso tinggi, olahraga teratur untuk memaksimalkan metabolisme serta istirahat cukup.

Dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp. GK (konsultan diet) – Fitness for Men Magazine

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *