20FIT .CO.ID


Fakta dan Mitos tentang Protein yang Perlu untuk Diketahui

Fakta dan Mitos tentang Protein yang Perlu untuk Diketahui
by

Tidak semua tentang protein Anda ketahui dengan benar.

Semua orang perlu protein. Mengapa? Karena kelebihan protein yang paling utama adalah untuk zat pembangun tubuh. Beberapa orang mengatakan kelebihan protein akan membuat badan besar, adapula yang mengatakan makan protein secara berlebihan tidak membantu membangun dan memperkuat otot. Berikut fakta dan mitos tentang protein yang perlu Anda ketahui.

Mitos : Protein membuat badan menjadi gendut.
Fakta : Banyak makanan sumber protein yang mengandung lemak tinggi. Sebelum makan usahakan untuk menghilangkan kandungan lemaknya dulu. Misalnya mengonsumsi ayam tanpa kulit, mengonsumsi daging dengan membuang lemak-lemak dipermukaannya. Kurangi asupan karbohidrat jika asupan protein tinggi dan tingkatkan intensitas latihannya.

Mitos : Protein hewani lebih baik daripada rotein nabati.
Fakta : Protein hewani memang mempunyai nilai biologis tinggi, namun kualitas protein juga ditentukan oleh jenis asam amino yang dikandungnya. Tidak ada jenis sumber protein yang punya kandungan asam amino lengkap. Asam amino lengkap hanya diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan sumber protein yang bervariasi, dari hewani maupun atau nabati.

Mitos : Suplemen protein diperlukan untuk pertumbuhan otot maksimal.
Fakta : Suplemen protein dibutuhkan jika Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan protein dari makanan alami. Konsumsi suplemen tanpa disertai pola makan dan latihan yang tepat tidak akan menghasilkan manfaat yang berarti. Suplemen hanya berperan memaksimalkan apa yang telah Anda perjuangkan melalui pola makan dan latihan.

Mitos : Susu tinggi protein baik dikonsumsi untuk pembentukan otot tubuh.
Fakta : Selain mengandung protein tinggi, produk susu yang diperuntukkan untuk membangun otot juga mengandung kreatinin yang tinggi. Protein yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal, sedangkan kreatinin tinggi selain merangsang pertumbuhan otot, juga dapat menambah berat badan dan meningkatkan retensi cairan. Untuk itu sesuaikan dengan latihan yang sedang dilakukan.

Mitos : Terlalu banyak konsumsi protein akan merusak ginjal
Fakta : Konsumsi protein berlebih yang tidak dibarengi dengan latihan otot dan konsumsi air putih yang cukup, dapat mempengaruhi kesehatan ginjal. Sesuaikan kebutuhan protein dengan intensitas latihan yang Anda lakukan.

Mitos : Telur adalah sumber protein terbaik.
Fakta : Putih telur memang mengandung protein, namun kuning telur selain mengandung protein juga mengandung kolesterol dan lemak. Mengonsumsi telur dalam jumlah berlebihan akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga memicu munculnya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Mitos : Makanan sumber protein adalah makanan terbaik sebelum berlatih.
Fakta : Protein adalah zat gizi yang lebih cepat dicerna ketimbang lemak, namun lebih lama dicerna dibanding karbohidrat. Jika sebelumnya Anda mengonsumsi makanan sumber protein, saat berlatih dikhawatirkan masih ada makanan di lambung yang dapat menyebabkan oksigen tubuh berada di sekitar lambung, sehingga hasil latihan tidak maksimal. Jadi makanan berprotein bukanlah sebagai sumber energi terbaik yang diperlukan saat berlatih.

Source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *