20FIT .CO.ID


Cepat Kurus: Lari Pakai Jaket Berbahaya Loh

cepat kurus. lari pakai jaket berbahaya
by

Ingin cepat kurus, ternyata lari sambil memakai jaket malah berbahaya untuk tubuh. Teori yang salah ketika menganggap kalau lari memakai jaket akan cepat membakar lemak yang ada didalam tubuh. Penurunan berat badan terjadi karena pembakaran lemak saat berlari dan proses metabolisme setelahnya, bukan karena banyak keringat yang keluar akibat memakai jaket.

Cepat kurus seperti ini berbahaya, Berikut bahaya yang muncul apabila lari memakai jaket:

lari menggunakan jaket

1. Dehidrasi berat

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada cairan yang masuk dalam tubuh. Ketika lari memakai jaket tentunya tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak daripada tidak menggunakan jaket, dan pada akhirnya tubuh lebih banyak kehilangan cairan.

Dehidarasi berat membutuhkan perawatan di rumah sakit, dibutuhkan pemberian infus untuk mengembalikan banyaknya cairan yang hilang. Apabila tidak ditanganin dengan cepat akan menimbulkan pembekakan otak, kejang, gagal ginjal, gangguan basal tubuh, syok hipovolemik.

Baca juga: 5 Cara praktis dapat membantu menghilangkan dehidrasi

2. Kram / Kejang otot

Kram otot sering terlihat sebagai otot yang mengeras. Otot yang berkontraksi di luar kehendak disebut spasme, ketika spasme yang dialami cukup kuat dan berkelanjutan maka terjadi kram. Kejang otot terjadi karena tubuh kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah yang besar akibat banyaknya keringat yang keluar dari dalam tubuh.

3. Heat exhaustion

Heat exhaution terjadi ketika menyepelekan gejala kram panas. Suhu tubuh meningkat akibat tertutup jaket selama berjam-jam akan kehilangan banyak cairan dalam tubuh yang keluar melalui keringat, dan bisa mengakibatkan tubuh kelelahan, pusing, lemas, tekanan darah rendah, bahkan bisa pingsan

4. Heat stroke

Heat stroke terjadi ketika badan gagal mengatur suhu dan suhu tubuh yang terus meningkat. Ketika sedang lari, suhu tubuh akan meningkat dan mengeluarkan keringat. Keringat dikeluarkan oleh tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh, dan ketika dehidrasi yang terjadi adalah tubuh sudah tidak menghasilkan keringat dikarenakan cairan tubuh sudah sedikit. Gejala heat stroke adalah pandangan berkunang-kunang, wajah pucat, tangan yang dingin, dan pingsan.

Sebagian besar orang menganggap ketika lari dengan memakai jaket akan menurunkan berat badan lebih cepat, tetapi berat badan yang berkurang itu karena hilangnya cairan dalam tubuh bukan lemak yang ikut keluar dengan keringat.

luthfi adham – source

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *